A PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS 11 BISNIS DIGITAL SMKN 1 SOOKO

Penulis

  • Yunda Sekar Sri Wilujeng Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Marlena Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p72-79

Kata Kunci:

Mata Pelajaran Kewirausahaan, Bisnis, Intensi Berwirausaha, Partisipasi siswa;, Projek Kreatif dan Kewirausahaan

Abstrak

Niat berwirausaha adalah awal terciptanya kegiatan kewirausahaan, dan dalam proses penciptaan kegiatan kewirausahaan ini diperlukan bantuan eksternal untuk mendukung terciptanya bisnis. Bantuan ini dapat berupa pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap niat berwirausaha siswa kelas 11 bisnis digital SMKN 1 Sooko. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SMKN 1 Sooko dengan siswa kelas 11 bisnis digital sebagai populasi penelitian. Sampel diambil dari kelas 11 jurusan bisnis digital 1 dan 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap niat berwirausaha siswa kelas 11 bisnis digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Duong, C. D., & Le, T. L. (2022). ADHD symptoms and entrepreneurial intention among Vietnamese college students: an empirical study. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 14(3), 495–522. https://doi.org/10.1108/JEEE-02-2021-0049

Duong, D. (2022). Exploring the link between entrepreneurship education and entrepreneurial intentions: the moderating role of educational fields. Education and Training, ahead-of-p. https://doi.org/10.1108/ET-05-2021-0173

Fatonnah, C. D., Djuwita, D., & Busthomi, A. O. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Syari’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 1(2), 50–60. https://doi.org/10.57096/hawalah.v1i2.7

Gurel, E., Madanoglu, M., & Altinay, L. (2021). Gender, Risk-taking and Entrepreneurial Intentions: Assessing the Impact of Higher Education Longitudinally. Education + Training, ahead-of-p. https://doi.org/10.1108/ET-08-2019-0190

Hahn, D., Minola, T., Van Gils, A., & Huybrechts, J. (2017). Entrepreneurial education and learning at universities: exploring multilevel contingencies. Entrepreneurship and Regional Development, 29(9–10), 945–974. https://doi.org/10.1080/08985626.2017.1376542

Indarwati, Y. R. (2024). Entrepreneurial Intentions of Students Using the Shapero Entrepreneurial Event Model. 07(03), 511–521.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Kirkley, W. W. (2017). Cultivating entrepreneurial behaviour : entrepreneurship education in secondary schools. 11(1), 17–37. https://doi.org/10.1108/APJIE-04-2017-018

Kusumojanto, D. D., Wibowo, A., Kustiandi, J., & Narmaditya, B. S. (2021). Do entrepreneurship education and environment promote students’ entrepreneurial intention? the role of entrepreneurial attitude. Cogent Education, 8(1), 1948660. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1948660

Kuswanto, K., Suratno, S., & Asmarani, A. (2022). Pengaruh Manajemen Keuangan dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Intensi Wirausaha Mahasiswa Universitas Jambi. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(3), 248–256. https://doi.org/10.31940/jbk.v18i3.248-256

Le, T. T., Nguyen, T. H., & Ha, S. T. (2023). The effect of entrepreneurial education on entrepreneurial intention among master students : prior self-employment experience as a moderator. Central European Management Journal, 31(1), 30–47. https://doi.org/10.1108/CEMJ-10-2021-0116

Nabi, G., LiñáN, F., Fayolle, A., Krueger, N., & Walmsley, A. (2017). The impact of entrepreneurship education in higher education: A systematic review and research agenda. Academy of Management Learning and Education, 16(2), 277–299. https://doi.org/10.5465/amle.2015.0026

Pittaway, L. A., Gazzard, J., Shore, A., & Williamson, T. (2015). Student clubs: experiences in entrepreneurial learning. Entrepreneurship and Regional Development, 27(3–4), 127–153. https://doi.org/10.1080/08985626.2015.1014865

Sari, A. I. C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Dalam Menumbuhkan Sikap Mental Kewirausahaan Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 7(2), 403. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10287

Shapero, A., & Sokol, L. (1982). The Social Dimensions of Entrepreneurship. The Social Dimensions of Entrepreneurship, 72–90. https://ssrn.com/abstract=1497759

Shofani, A., Ridha, Kharnolis, M., Marniati, & Mayasari, P. (2023). Faktor Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Tata Busana terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2711–2719.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48–61.

Utama, D. H., Mulyadi, H., Imbragia, S. T., & Disman, D. (2020). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi wirausaha terhadap niat berwirausaha. Journal of Business Management Education |, 5(2), 16–21. www.kemenperin.go.id,

Zhang, Y., Duysters, G., & Cloodt, M. (2014). The role of entrepreneurship education as a predictor of university students’ entrepreneurial intention. International Entrepreneurship and Management Journal, 10(3), 623–641. https://doi.org/10.1007/s11365-012-0246-z

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Wilujeng, Y. S. S., & Marlena, N. (2025). A PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS 11 BISNIS DIGITAL SMKN 1 SOOKO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 13(1), 72–79. https://doi.org/10.26740/jptn.v13n1.p72-79

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 77 , PDF Downloads: 63