PENGARUH AKTIVITAS TENAGA PENJUAL DAN TINGKAT PENGALAMAN PENJUAL TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL AGEN/TOKO SPARE PART SEPEDA DI DAERAH MOJOKERTO

Penulis

  • ACHMAD ANDRIAWAN

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptn.v2n3.p%25p

Abstrak

Pada era ekonomi global seperti saat ini menuntut toko untuk selalu menjadi yang terdepan dan terbaik dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen dikarenakan ketatnya persaingan antar toko. Pandangan semacam ini tidak terlepas dari aktivitas tenaga penjual sebelum buka toko sampai tutup toko hingga tingkat pengalaman penjual agen/toko tersebut. Aktivitas dimulai dari menyambut pelanggan yang datang sampai memastikan produk yang akan dibeli. Aktivitas tersebut dibutuhkan pengalaman menjual yang tinggi, mulai dari pengetahuan produk yang baik dan ketrampilan menjual yang baik agar dapat mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk yang dijual oleh agen/toko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas tenaga penjual dan tingkat pengalaman penjual terhadap kinerja tenaga penjual agen/toko spare part sepeda di Daerah Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah agen/toko spare part sepeda di Daerah Mojokerto yang berjumlah 150 agen/toko, dan sampel yang digunakan sebanyak 75 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari aktivitas tenaga penjual dan tingkat pengalaman penjual dengan nilai signifikansi 0,029 dan 0,000 dimana lebih kecil dari taraf signifikansi  α = 0,05. Koefisien determinasi (R-square) adalah 0,655 yang berarti 65,5% aktivitas tenaga penjual dan tingkat pengalaman penjual mempengaruhi kinerja tenaga penjual agen/toko spare part sepeda di Daerah Mojokerto, sedangkan 34,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

 Kata Kunci: aktivitas tenaga penjual, tingkat pengalaman penjual, kinerja tenaga penjual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2014-08-20

Cara Mengutip

ANDRIAWAN, A. (2014). PENGARUH AKTIVITAS TENAGA PENJUAL DAN TINGKAT PENGALAMAN PENJUAL TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUAL AGEN/TOKO SPARE PART SEPEDA DI DAERAH MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(3). https://doi.org/10.26740/jptn.v2n3.p%p

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 59