ANALISIS PENGARUH KEKENTALAN OLI PADA PENDINGINAN PACK CARBURIZING BAJA SS400 DITINJAU DARI KEKERASAN DAN KETEBALAN LAPISAN
Abstract
Baja SS400 merupakan baja karbon rendah yang banyak diaplikasikan dalam industri karena memiliki sifat mekanik yang baik, mudah dibentuk, dan mampu mengalami perlakuan panas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kekerasan permukaan baja SS400 yang digunakan sebagai bahan bearing roda depan, melalui proses pack carburizing dan pendinginan cepat (quenching) menggunakan media oli dengan variasi jenis yang berbeda. Proses karburisasi dilakukan pada suhu 900°C selama dua jam, menggunakan arang aktif sebagai sumber karbon. Setelah proses tersebut, spesimen didinginkan dengan tiga jenis oli, yaitu SAE 15W-40, SAE 20W-50, dan SAE 40W. Pengujian meliputi pengukuran kekerasan permukaan menggunakan metode Rockwell (HRC) serta ketebalan lapisan karbon yang terbentuk setelah karburisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis oli dan ketebalan lapisan karbon memberikan pengaruh terhadap pembentukan struktur martensit serta nilai kekerasan akhir material. Spesimen dengan ketebalan lapisan 118 µm yang didinginkan menggunakan SAE 15W-40 menghasilkan kekerasan tertinggi sebesar 37,02 HRC. Sementara itu, spesimen dengan ketebalan 98 µm dan 82 µm menunjukkan kekerasan masing-masing sebesar 36,02 HRC dan 36,03 HRC. Dapat disimpulkan bahwa pemilihan jenis oli yang tepat dan ketebalan lapisan yang lebih besar berkontribusi dalam meningkatkan kekerasan permukaan baja SS400, sehingga lebih tahan terhadap gesekan dan keausan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

