PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN STRES AKADEMIK TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL-BEING SISWA TAHFIDZ SMP UNGGULAN PONDOK PESANTREN AL-FURQON DRIYOREJO GRESIK

  • M. Hafizh Assyidiq Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Khusumadewi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Siswa tahfidz merupakan individu yang mengeyam pendidikan pada sekolah berbasis pondok pesantren dimana didalamnya selain terdapat program pelajaran formal biasa dan agama juga terdapat program pondok pesantren sehingga, siswa tahfidz rentan mengalami stres akademik dikarenakan padatnya tuntutan tugas sekolah dan pondok yang dapat menyebabkan menurunnya tingkat psychological  well-being nya. Dalam Upaya menjadikan  psychological well-being siswa meningkat menjadi lebih baik, beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya: dukungan sosial dan stres akademik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan sosial dan stres akademik terhadap psychological well-being siswa tahfidz SMP Unggulan Al-Furqon Driyorejo Gresik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan data  berbentuk angka pada analisis statistik dengan desain penelitian  ex-post facto yang mana variabel-variabel bebasnya tidak dimanipulasi atau tidak diberi perlakuan  (penelitian non-experimental). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  antara dukungan sosial dan stres akademik dengan psychological well-being siswa tahfidz SMP Unggulan Pondok Pesantren Al-Furqon Driyorejo Gresik dengan nilai sebesar 9%. Sedangkan untuk 91% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti, seperti: faktor demografis (usia, status sosial dan budaya, jenis kelamin), locus of control, evaluasi pengalaman hidup, kepribadian, religiusitas, dan genetik.

Kata Kunci: Psychological well-being, Dukungan Sosial, Stres Akademik, Siswa Tahfidz

Published
2023-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 20