STUDI LITERATUR PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT DATANG PESERTA DIDIK KE SEKOLAH

  • Muhammad Fajar Al Hakim Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Evi Winingsih Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu komponen penting di dalam pendidikan yaitu peserta didik. Peserta didik memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa dan Negara. Peserta didik sebagai generasi penerus sebisa mungkin harus menggunakan waktu dengan efektif, giat dalam belajar, serta berpikir dan melakukan tindakan positif. Perilaku negatif yang berkelanjutan dikhawatirkan dapat membentuk karakter atau kebiasaan buruk pada peserta didik. Salah satu bentuk perilaku menyimpang yaitu terlambat datang ke sekolah. Penelitian ini mengaji tentang penerapan teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan jenis dan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan teknik self management untuk mengurangi perilaku datang terlambat peserta didik ke sekolah.

Kata Kunci: Studi Literatur, Self Management, Terlambat Datang ke Sekolah.

Published
2024-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 18