RANCANG BANGUN SISTEM SIMPAN PINJAM NON PETERNAK DI KOPERASI SUSU DANA MULYA

  • Megasari Ramadhanis

Abstract

Proses pengelolaan transaksi simpan pinjam yang dilakukan di “Koperasi Susu Dana Mulya” saat ini masih berjalan manual, sebagaimana contohnya yakni transaksi pendaftaran anggota, pengajuan pinjaman, angsuran pinjaman dan simpanan masih dilakukan dengan pencatatan manual dan dihitung dengan menggunakan kalkulator. Oleh karena itu, terjadinya kesalahan perhitungan merupakan hal yang rawan terjadi. Perhitungan yang akurat merupakan hal utama yang dibutuhkan dalam transaksi simpan pinjam untuk memperoleh laporan yang akurat. Mengingat pentingnya perhitungan dan laporan yang akurat, pastinya suatu koperasi simpan pinjam membutuhkan suatu sistem yang dapat dengan mudah mengelola transaksi simpan pinjam tersebut.

Pada pengembangan teknologi web saat ini, implementasi Dynamic Duo (PHP dan MySQL) dapat menjadi solusi dalam membangun sistem berbasis web. Dengan dikembangkannya sistem ini, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih akurat sehingga laporan yang dihasilkan pun akurat dan diharapkan dapat membantu kinerja operasional karyawan di Koperasi Susu Dana Mulya.

Dalam sistem ini, hasil yang diperoleh dari aplikasi simpan pinjam di “Koperasi Susu Dana Mulya” yaitu proses pendaftaran anggota, proses pengajuan pinjaman biasa dan takeover yang disertai hipotik (taksiran harga jaminan), proses pencairan pinjaman, proses angsuran, proses simpanan, laporan dan berkas keluaran.

Kata Kunci : Koperasi Simpan Pinjam, Takeover, Hipotik.

Published
2017-01-11
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 52