KEEFEKTIFAN DAN KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PLAYER

Authors

  • Hendi Farta Milala Universitas Negeri Surabaya
  • Endryansyah Endryansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Joko Joko Universitas Negeri Surabaya
  • Acmad Imam Agung Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p195-202

Keywords:

Adobe Flash Player; Media Pembelajaran; Kepraktisan dan Keefektifan

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk menunjang tercapainya ketuntasan belajar. Di zaman di mana semua sudah sangat maju ini pun mengharuskan media pembelajaran juga harus diperbaharui. Dengan kemajuan tersebut sudah sangat banyak media yang dapat dipakai, dapat disesuikan dengan kebutuhan. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Flash Player. Adobe Flash Player adalah salah satu perangakat lunak yang dapat dipakai untuk meracang, menggabungkan, menambahkan objek pada media pembelajaran sehingga kelihatan sangat menarik. Adobe Flash Player sendiri ada beberapa macam versi dan diperbaharui dari tahun ke tahun. Pemakaian dari Adobe Flash Player adalah karena pemakaiannya yang cukup lengkap, seperti penggabungan dari audio, video, dan bahkan animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran didukung dengan media pembelajaran mengunakan Adobe Flash Player. Penelitian studi literatur ini dilakukan terhadap beberapa sumber referensi seperti jurnal, artikel, dan studi pustaka dari beberapa mata pelajaran. Hasil penelitian ditinjau dari hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Keefektifan pengembangan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Player dengan ratarata adalah sebesar 86,77 dengan kategori sangat efektif yang melampau batas ketutasan KKM, dan jika ditinjau dari respon peserta didik maka pengembangan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Player menujukkan persentase rata-rata sebesar 87,72% dengan kategori sangat praktis yang difokuskan dalam beberapa hal yang mendukung kepraktis media tersebut yaitu (1) ketertarikan terhadap media, (2) isi media (materi), dan (3) kualitas media. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Player sangat efektif dan sangat praktis digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-11-26

How to Cite

Milala, H. F., Endryansyah, E., Joko, J., & Agung, A. I. (2021). KEEFEKTIFAN DAN KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PLAYER. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 195–202. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p195-202
Abstract views: 971 , PDF Downloads: 4835