PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ALAT UJI KEKAKUAN PEGAS UNTUK MATA KULIAH FISIKA TEKNIK 1 DIJURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Adly Fitra Ainurroji Universitas Negeri Surabaya
  • Diah Wulandari UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Keywords: Modul, Alat uji kekakuan pegas, Fisika teknik, Uji Kelayakan, Respon

Abstract

Abstrak

Laboratorium fisika teknik di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya memiliki alat uji kekakuan pegas, namun belum tersedianya modul pembelajaran pada alat uji kekakuan pegas ini. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan modul pembelajaran tentang alat uji kekakuan pegas dan mengetahui tingkat kelayakannya, serta untuk mengetahui respon dari mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah terhadap penggunaan modul alat uji kekakuan pegas. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) Research and Development. Model Pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1.) Define, 2.) Design, 3.) Development, 4.) Dissemination. Penelitian ini memiliki subjek yaitu mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya, Instrumen Pengumpulan Data berupa lembar validasi dan lembar angket respon untuk mahasiswa dan dosen. Dari hasil penelitian ini mendapatkan persentase kelayakan modul sebesar 89% yang termasuk kedalam kriteria sangat layak,  respon dari mahasiswa sebesar 88% dengan kriteria sangat baik ,dan respon dosen pengampu mata kuliah sebesar 92% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Modul, Alat uji kekakuan pegas, Fisika teknik, Uji Kelayakan, Respon.

References

1. Anonim. 2009. Sistem Pengembangan Instruksional, (Online), (https://dokumen.tips/documents/model-pengembangan-desain-instruksional.html , diakses 15 Desember 2020).
2. Anonim. 2017. Pengertian Belajar Jenis Modul, (Online), (https://text-id.123dok.com/document/lq53wlm7z-pengertian-belajar-jenis-modul.html , diakses 15 Desember 2020).
3. Ditjen PMPTK. 2008. Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
4. Fahrizal, Pradana Indra. 2016. Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis (CAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Jombang.Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
5. Fisika Study Center. 2020. Elastisitas Gaya Pegas. (Online), (http://fisikastudycenter.com/fisika-xi-sma/32-elastisitas-gaya-pegas, diakses 16 Desember 2020).
6. Gaguk. 2019. Konsep dan Contoh Soal Elastisitas dan Hukum Hookle. (Online), (https://www.lakonfisika.net/2019/06/konsep-contoh-soal-elastisitas-rangkaian-pegas.html, diakses 18 desember 2020).
7. Nana Sudjana dan Achmad Rivai. 2013. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
8. Nugroho, Fandi Septyawan. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Scientific untuk Mata Kuliah Praktek Fabrikasi di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
9. Pratama, Alfian Agus Nur. 2018. Pengembangan Modul Shell and Tube Heat Exchanger Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
10. Riduwan dan Akdon. 2009.Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
11. Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
12. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
13. Subiantoro, Irfan. 2018. Pengembangan Modul Las SMAW Mata Kuliah Pratikum Teknik Pengelasan untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNESA. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
14. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
15. Suyono, Jefri Nokiawanto. 2017. Pengembangan Modul Ajar Mahasiswa Pokok Bahasan Cara Kerja Berbagai Jenis Sensor dan Aplikasinya pada Mata Kuliah Instrumentasi dan Kendali. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
16. Umaroh,S.T., & Warju.(2019). Pengembangan Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa Performa Mesin Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin,8(2),111-122. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/28274
17. Wahyuni, D., & Muhaji. (2015). Pengembangan Modul Handheld Meter KES-200 Pada Mata Pelajaran Alat Ukur di SMK KAL 1 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Mesin,04(02),59-66. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/13789
Published
2022-01-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 329
PDF Downloads: 345