PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ALAT UJI KEKAKUAN PEGAS UNTUK MATA KULIAH FISIKA TEKNIK 1 DIJURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Kata Kunci:
Modul, Alat uji kekakuan pegas, Fisika teknik, Uji Kelayakan, ResponAbstrak
Abstract
The engineering physics laboratory at the Department of Mechanical Engineering, State University of Surabaya has a spring stiffness test tool, but there is no learning module for this spring stiffness test tool. This research was conducted to develop a learning module about the spring stiffness test equipment and determine its feasibility level, as well as to determine the response of students and course lecturers to the use of the spring stiffness test instrument module. This study uses the Research and Development (R&D) method. The development model used is 4-D which consists of 4 stages, namely: 1.) Define, 2.) Design, 3.) Development, 4.)Dissemination. This study has a subject, namely students majoring in Mechanical Engineering, State University of Surabaya, Data Collection Instruments in the form of validation sheets and questionnaire responses for students and lecturers. From the results of this study, the percentage of module eligibility is 89% which is included in the very feasible criteria, the response from students is 88% with very good criteria, and the response from the lecturers who support courses is 92% with very good criteria.
Keywords: Module, Spring stiffness test equipment, Engineering physics, Feasibility Test, Response.
Unduhan
Referensi
1. Anonim. 2009. Sistem Pengembangan Instruksional, (Online), (https://dokumen.tips/documents/model-pengembangan-desain-instruksional.html , diakses 15 Desember 2020).
2. Anonim. 2017. Pengertian Belajar Jenis Modul, (Online), (https://text-id.123dok.com/document/lq53wlm7z-pengertian-belajar-jenis-modul.html , diakses 15 Desember 2020).
3. Ditjen PMPTK. 2008. Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
4. Fahrizal, Pradana Indra. 2016. Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis (CAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Jombang.Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
5. Fisika Study Center. 2020. Elastisitas Gaya Pegas. (Online), (http://fisikastudycenter.com/fisika-xi-sma/32-elastisitas-gaya-pegas, diakses 16 Desember 2020).
6. Gaguk. 2019. Konsep dan Contoh Soal Elastisitas dan Hukum Hookle. (Online), (https://www.lakonfisika.net/2019/06/konsep-contoh-soal-elastisitas-rangkaian-pegas.html, diakses 18 desember 2020).
7. Nana Sudjana dan Achmad Rivai. 2013. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
8. Nugroho, Fandi Septyawan. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Scientific untuk Mata Kuliah Praktek Fabrikasi di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
9. Pratama, Alfian Agus Nur. 2018. Pengembangan Modul Shell and Tube Heat Exchanger Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
10. Riduwan dan Akdon. 2009.Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
11. Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
12. Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
13. Subiantoro, Irfan. 2018. Pengembangan Modul Las SMAW Mata Kuliah Pratikum Teknik Pengelasan untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNESA. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
14. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
15. Suyono, Jefri Nokiawanto. 2017. Pengembangan Modul Ajar Mahasiswa Pokok Bahasan Cara Kerja Berbagai Jenis Sensor dan Aplikasinya pada Mata Kuliah Instrumentasi dan Kendali. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
16. Umaroh,S.T., & Warju.(2019). Pengembangan Modul Smoke Opacity Meter Tecnomotor Tipe G-820 Untuk Menunjang Mata Kuliah Analisa Performa Mesin Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin,8(2),111-122. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/28274
17. Wahyuni, D., & Muhaji. (2015). Pengembangan Modul Handheld Meter KES-200 Pada Mata Pelajaran Alat Ukur di SMK KAL 1 Surabaya.Jurnal Pendidikan Teknik Mesin,04(02),59-66. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/13789
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

