PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TBSM DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • maulana stevansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penerapan model pembelajaran di SMKN 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor (PCSM) kelas XI TBSM 1 masih menerapkan metode konvensional, sehingga pembelajaran hanya terpusat kepada guru.Oleh karena itu peneliti menerapkan metode kooperatif pembelajaran STAD dengan tujuan unutk mengetahui kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PCSM.Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan dengan model siklus dari Kemming dan Taggart yang menggunakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Tahap Perancanaan Tindakan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Pengamatan Tindakan, dan Tahap Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dalam bentuk instrumen.Metode penelitian kooperatif ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan  untuk  memperbaiki  dan meningkatkan  kualitas  dan  kuantitas  proses  pembelajaran  di  kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa XI TBSM 1 SMKN 1 Jetis Mojokerto tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 28 siswa.Analisis data yang digunkan pada penelitian ini deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar PCSM siswa kelas XI TBSM di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,49% dengan nilai rata-rata kelas 72,85. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 82,14% dengan nilai rata-rata 77,23, sehingga mengalami peningkatan 19.65%, sedangkan pada kemampuan kolaborasi siswa pada siklus I mendapat nilai 67.94% dan meningkat 15.66% menjadi 83.30% pada siklus II.

Kata kunci: Kolaborasi, Hasil Belajar, Pembelajaran koorperatif STAD

References

1. Amin, Muhammad. 2013. Format Penilaian. Kelebihan dan Kelemahan Model STAD. http://amintidak.blogspot.com/2013/12/format-penilaian.html (diakses pada tanggal 5 desember 2020)
2. Amri, Sofian, dan Ahmadi, Lif Khoirul. 2010. Konstruksi Pengembangan pemblajaran. Jakarta:Prstasi Pustaka
3. Andri. 2012. Kelebihan dan kelemahan model STAD http://belajarpendidikanku.blogspot.com/2012/11/kelebihan-dan-kelemahan-model-stad.html (diakses pada tanggal 5 desember 2020).
4. Arif Hidayat, Achmad & Arsana, I Made 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Alat Ukur Siswa Kelas X TKR 1 di SMKN 3 Surabaya. JPTM. Vol. 06, Nomor. 01, pp. 68-76. Surabya: Universitas Negeri Surabaya.
5. Arikunto, & dkk. 2006. Penelitian Tindaka Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
6. Arikunto, & Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Pt Bumi Aksara
7. Bahari Surabaya. JPTM. Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017, 81-88
8. Himawati, Nina & Arsana, I Made 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PDTO Kelas X Jurusan TKR di Smkn 1 Singgahan-Tuban. JPTM. Vol. 06, Nomor. 02, pp. 31-42. Surabya: Universitas Negeri Surabaya
9. Kemendikbud. 2013. KURIKULUM 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.
10. Khoiriah Nur Henny; Arsana I Made. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm Pada Kompetensi Besaran & Satuan Di Smk Dharma Bahari Surabaya. JPTM. Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017, 81-88
11. LANRI. 2014. Koordinasi dan Kolaborasi Bahan Ajar Diklat Kepemimpinan Aparatur Pemerintahan Tingkat IV. Jakarta: Badan Diklat DIY.
12. Nafis, Muayat Khoirum & Arsana, I Made. 2017. Penerapan Model Kooperatif STAD Bebasis Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Sasis pada Kelas XI TKR 1 Di SMKN 1 Sidoarjo. JPTM, Vol. 05, Nomor. 01, pp. 15-20. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
13. Nasrudin. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Gambar Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
14. Nurdyansyah. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
15. Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aska.
16. Pariyanti, Ely Agustin. 2014 Penerapan Model Pemblajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Kopetensi Membuat Desain Ragam Hias Untuk Batik Kelas Xi Tata Busana Smk Negeri 4 Madiun. Universitas Negeri Surabaya.
17. Romadhani, Misbakhur & Arsana, I Made. 2016. Penerapan Metode Belajar Kooperatif Jigsaw Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kompetensi Memahami Sistem Rem Konvensional Siswa Kelas XI TSM di SMKN Siang Surabaya. JPTM, Vol. 05, Nomor. 01, pp. 100-103. Surabya: Universitas Negeri Surabaya.
18. Rosyadi, Alwan & Arsana, I Made. 2019. Penerapan Model Pemblajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran AC Mobil Pada Siswa Kelas XI TKR 1 di SMKN 1 AROSBAYA Bangkalan. JPTM. Vol 08 No 03.
19. Yusuf,Y. Q., Natsir, Y., Hanum,L. 2015. A Teacher’xperience In Teaching With Student Teams Achievment Division (Stad). Technique International Jurnal Of Intruktion.
Published
2022-04-01
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 60