PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN CHASIS SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TBSM DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

Penulis

  • maulana stevansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Firman Yasa Utama Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Kolaborasi, Hasil Belajar, Pembelajaran koorperatif STAD

Abstrak

Penerapan model pembelajaran di SMKN 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran Pemeliharaan Chasis Sepeda Motor (PCSM) kelas XI TBSM 1 masih menerapkan metode konvensional, sehingga pembelajaran hanya terpusat kepada guru.Oleh karena itu peneliti menerapkan metode kooperatif pembelajaran STAD dengan tujuan unutk mengetahui kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PCSM.Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan dengan model siklus dari Kemming dan Taggart yang menggunakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Tahap Perancanaan Tindakan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Pengamatan Tindakan, dan Tahap Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dalam bentuk instrumen.Metode penelitian kooperatif ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan  untuk  memperbaiki  dan meningkatkan  kualitas  dan  kuantitas  proses  pembelajaran  di  kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa XI TBSM 1 SMKN 1 Jetis Mojokerto tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 28 siswa.Analisis data yang digunkan pada penelitian ini deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar PCSM siswa kelas XI TBSM di SMKN 1 Jetis Mojokerto. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,49% dengan nilai rata-rata kelas 72,85. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 82,14% dengan nilai rata-rata 77,23, sehingga mengalami peningkatan 19.65%, sedangkan pada kemampuan kolaborasi siswa pada siklus I mendapat nilai 67.94% dan meningkat 15.66% menjadi 83.30% pada siklus II.

Kata kunci: Kolaborasi, Hasil Belajar, Pembelajaran koorperatif STAD

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-01

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 112 , PDF Downloads: 68