KAJIAN PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK SELAMA PANDEMI COVID DENGAN METODE CIPP

  • Renovan Bagus Pangestu Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Aini Susanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang wajib didapatkan oleh setiap manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Pendidikan salah menjadi satu modal bagi seseorang untuk menuju keberhasilan dan kesuksesan. Dunia pendidikan yang semakin berkembang, menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran, metode dan pemilihan media pembelajaran yang digunakan juga harus lebih baik. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat dalam penggunaan internet maka dari itu guru saat ini di tuntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi internet dalam proses belajar mengajar dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk penerapan pengaruh pembelajaran online, efektifitas pembelajaran online, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran online pada kelas X TKRO di SMK. Metode penelitian ini menggunakan metode evaluasi. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Hasil review dari beberapa arikel menyatakan bahwa pembelajaran online sangat membantu dikala kondisi pandemi covid-19, namun penerapan pembelajaran online pada SMK dinilai masih perlu pembenahan,

Kata kunci : kajian pembelajaran online, Evaluasi model CIPP, Pandemi Covid-19

References

Ahmad Abdullah. 2021. Evaluasi pembelajaran daring menggunakan pendekatan model context input process product (CIPP) di Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo.
Acep Roni Hamdani (2020) Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi covid- 19 pada jenjang sekolah dasar di kabupaten subang volume vi nomor 01, juni 2020
Ali Sadikin (2020) Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 Volume 6, Nomor 02, Tahun 2020
Firman (2020) Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Volume 02, No 02 Maret 2020
Wiwin Hartanto (2020) Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran
Mustakim (2020 )Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika
Reni Herawati. 2021. Implementasi pembelajaran online selama covid-19: studi evaluasi di sekolah binaan terpilih.
Ayu Listian Tarigan. 2020. Evaluasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19 di kecamatan minas.
Agus Yudiawan. 2020. Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. Vol.6, No.1, Juni 2020
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis.
Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020
Hanum, N.S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal pendidikan vokasi, vol.3, no.1
(2013)
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling.
Adib Rifqi S. 2020. Scientific Literacy Worksheets for Distance Learning in the Topic of Coronavirus 2019 (COVID-19).
Markus Wolfgang Hermann Spitzer. 2021. Evaluating students’ engagement with an online learning environment during and after COVID-19 related school closures: A survival analysis approach.
Published
2022-07-04
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 108