KAJIAN PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK SELAMA PANDEMI COVID DENGAN METODE CIPP
Kata Kunci:
kajian pembelajaran online, Pandemi Covid-19, Evaluasi model CIPPAbstrak
Abstrak
Pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang wajib didapatkan oleh setiap manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Pendidikan salah menjadi satu modal bagi seseorang untuk menuju keberhasilan dan kesuksesan. Dunia pendidikan yang semakin berkembang, menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran, metode dan pemilihan media pembelajaran yang digunakan juga harus lebih baik. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat dalam penggunaan internet maka dari itu guru saat ini di tuntut untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi internet dalam proses belajar mengajar dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk penerapan pengaruh pembelajaran online, efektifitas pembelajaran online, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran online pada kelas X TKRO di SMK. Metode penelitian ini menggunakan metode evaluasi. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Hasil review dari beberapa arikel menyatakan bahwa pembelajaran online sangat membantu dikala kondisi pandemi covid-19, namun penerapan pembelajaran online pada SMK dinilai masih perlu pembenahan,
Kata kunci : kajian pembelajaran online, Evaluasi model CIPP, Pandemi Covid-19
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

