ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN SATUAN PENDIDIKAN (USP) MATERI C2 TEKNIK PEMESINAN KELAS XII DI SMK PGRI 1 LAMONGAN MELALUI MODEL RASCH

  • Achmad Faizin Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tes merupakan alat evaluasi bagi guru sebagai informasi terkait kemampuan peserta didik. Dalam memberikan informasi secara tepat maka kualitas tes yang diberikan harus baik. Namun kebanyakan instrumen tes masih belum diketahui kualitasnya, sehingga perlu dilakukan analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal USP Materi C2 Teknik Pemesinan Kelas XII dilihat dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda melalui model rasch. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Soal yang diberikan berupa 25 butir soal pilihan ganda dan diujikan kepada 36  siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes untuk selanjutnya dianalisis melalui permodelan rasch menggunakan program Winstep versi 3.73. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas butir soal diperoleh 20 soal dinyatakan valid dan 5 soal yang tidak valid. 2) Realibilitas pada alpha cornbach menunjukkan bahwa instrumen memiliki kategori yang jelek, terdapat 22 soal (non extreme) dengan reliabilitas item yang bagus sedangkan untuk keseluruhan dari butir soal termasuk kategori cukup. 3) Tingkat kesukaran menunjukkan soal yang layak digunakan berjumlah 14 soal sedangkan untuk butir soal yang memiliki tingkat kesukaran paling tinggi yaitu sebanyak 4 soal dan tingkat kesukaran paling rendah sebanyak 2 soal. Terdapat juga kategori outlier sebanyak  4 soal. 4) Daya beda dilihat dari nilai standar error (S.E) bahwa soal dengan daya beda yang baik sebanyak 19 soal, 3 soal dengan daya beda yang cukup, dan 3 soal dengan daya beda yang buruk. Nilai separasi keseluruhan item butir soal bernilai baik karena membagi soal dalam 3 kelompok yaitu tinggi, sedang, dan rendah.

References

1) Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5) : 3010–3019.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1223
2) Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran (W. B. Shidiq (ed.); Cet 1). Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
3) Arikunto, Suharsimi (2008). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (F. Yustianti (ed.); 2nd ed.). Jakarta : Bumi Aksara.
4) Ariyana, L. T.. (2011). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal IPA Kelas IX SMP di Kabupaten Grobogan. Skripsi. Semarang : UIN Walisongo. http://lib.unnes.ac.id/372/
5) Aziz, R. (2015). Aplikasi Model RASCH dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2) : 29-39
https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402
6) Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen the Use of Rasch Model for Analyzing Test. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1) : 45–50.
https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50
7) Baker, F. (2001). The Basics of Item Response Theory, Second Edition. Washington DC : ERIC Clearinghouse on Assesment and Evaluation.
http://eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=ED458219%5Cnpapers2://publication/uuid/53C840DD-C92B-4719-8EC3-AF2076EDCAB3
8) Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Dordrecht : Springer Netherlands
https://doi.org/10.1007/978-94-007-6857-4
9) Curtis, D. D., & Boman, P. (2007). X-ray your data with Rasch. International Education Journal, 8(2), 249–259.
https://eric.ed.gov/?id=EJ834248
10) Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2015). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja. Tesis. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha
11) Embretson, S.E., & Reise, S.P. (2000). Item Response Theory (1st ed.). Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781410605269
12) Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1) : 11-19
https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080
13) Fajrianthi, F., Hendriani, W., & Septarini, B. G. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1) : 46-55
https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.6304
14) Fauziana, A., & Dessy Wulansari, A. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. 6(1) : 11-19
https://doi.org/10.21154//ibriez.v6i1.112
15) Fisher, A. G. (1993). The Assessment of IADL Motor Skills: An Application of Many-Faceted Rasch Analysis. American Journal of Occupational Therapy 47(4) : 319–29.
https://doi.org/10.5014/ajot.47.4.319
16) Gunawan, C. (2018). Uji Reabilitas. Yogyakarta : Deepublish (Vol. 2, Issue 2).
17) Hariyanto, & Basuki, I. (2014). Asesmen Pembelajaran Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
18) Hasibuan, E. S. B., Sukamto, S., & Syambasril, S. (2013). Analisis Soal Ulangan Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas XII Mas Raudhatul Ulum Meranti. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(4).
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1729/0
19) Ida, F. F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. AL-MU’ARRIB: Journal Of Arabic Education, 1(1) : 34-44
https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100
20) Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1–12.
https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120
21) Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1) : 1-6
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7488
22) Kurniawan, U., & Andriyani, K. D. K. (2018). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Rasch Model. Jurnal Statistika, 6(1) : 34-39
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/3421
23) L, Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
24) Mair, P., & Hatzinger, R. (2007). Extended Rasch Modeling: The eRm Package for the Application of IRT Models in R. Journal of Statistical Software, 20(9) : 1-20
https://doi.org/10.18637/jss.v020.i09
25) Muhammad Ali, H. (1987). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. (Cet. 3). Bandung : Sinar Baru.
26) Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1) : 86 -96
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335
27) Nurjanah, & Marlianingsih, N. (2015). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 69–78.
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/377



28) Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan Model Rasch pada Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2) : 224-233
https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21442
29) Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2) : 333 -352
https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
30) Perdana, S. A. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1). 41-48
https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574
31) Pratiwi, R., Reflianti, S., Antini, S., & Walid, A. (2021). Analysis of Item Difficulty Index for Midterm Examinations in Junior High Schools 5 Bengkulu City. Asian Journal of Science Education, 3(1), 12–18.
https://doi.org/10.24815/ajse.v3i1.18895
32) Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
33) Rachman, D. F., & Fahdiansyah, R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran My Trip My Adventure. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2), 95-106.
https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.935
34) Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1) : 84-94
https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370
35) Rasyid, R. A., Zaharim, A., & Masodi, M. S. (2007). Appication of Rasch Measurement in Evaluation of Learning Outcome: A Case Study in Electrical Engineering. Regional Conference on Engineering Mathematics, Mechanics, Manufacturing & Architecture (EM3ARC) 151-165
36) Rindawan, R., & Syahrir, S. (2019). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran SMAN 1 Praya Barat Daya Tahun 2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1) : 76-82
https://doi.org/10.58258/jisip.v3i1.621

37) Riyadi, A. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28) : 52–67.
https://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1933
38) Safihin, M., Tiur Maria, H. S., & Hamdani. (2019). Pengembangan Tes Menggunakan Model Rasch Materi Gaya Untuk SMA. Jurnal Untan.
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33424
39) Septiana, N. (2016). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi Tahun Pelajaran 2015/2016 Kelas X dan XI pada MAN Sampit. EduSains, 4(2). 115-121
https://ejournal.iainpalangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/514
40) Stenbeck, M., Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1992). Fundamentals of Item Response Theory. Contemporary Sociology, 21(2), 289.
https://doi.org/10.2307/2075521
41) Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet 17) .Bandung : PT Remaja Rosda Karya
42) Suharman. (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93–115.
https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/138
43) Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). “Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan. In Aplikasi Rasch pemodelan Pada Assessment Pendidikan”. Makalah dipresentasikan dalam Kuliah Umum pada Jurusan Statistika, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, 17 Maret 2016.
44) Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2) : 92-95
https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
45) Tennant, A., McKenna, S. P., & Hagell, P. (2004). Application of Rasch Analysis in the Development and Application of Quality of Life Instruments. Value in Health, 7, S22–S26.
https://doi.org/10.1111/j.1524-4733.2004.7s106.x
46) Utomo, B. (2019). Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2) : 145-159.
https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4883
47) Wardhani, D. F., & Putra, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Standar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 SMP di Kabupaten Banjar. Proceeding Biology Education Conference. 13(1) : 75-82
https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5658
48) Wati, R. (2013). Analisis Butir Soal Matematika pada UKA PLPG LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Talim, 4 (2) : 1-15.
http://jurnal.iainantasari.ac.id/index.php/talim/article/view/55
49) Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Pustaka Pelajar, Yogyakarta (1st ed.). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
50) Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2018). Analisis Soal Modul Laboratorium Fisika Sekolah I Menggunakan Racsh Model. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1) : 33-46
https://doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3116
Published
2023-07-28
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 122