PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 5 SURABAYA

  • Yudi Kurniawan Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada pengajar (teacher centered) pada pelaksanaan aktivitas belajar-mengajar menciptakan kurang menarik bagi siswa dalam hal materi yang dibagikan dan proses belajar-mengajar yang dibawakan oleh pengajar akan memiliki efek dalam hal raihan hasil belajar siswa yang dibawah batas nilai yang ditetapkan. Perolehan observasi yang peneliti laksanakan di SMKN 5 Surabaya pada mata pelajaran Teknik permesinan konvensional, peneliti menjumpai bahwasanya mayoritas siswa kurang berpartisipasi dan berinteraksi secara aktif dalam pelaksanaan aktivitas belajar-mengajar hingga proses belajar-mengajar cenderung pasif serta mempengaruhi capaian hasil belajar siswa yang dibawah batas nilai yang ditetapkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha guna menaikkan capaian hasil belajar melewati penggunaan model pembelajaran, yakni menggunakn model pembelajaran project based learning (PjBL) ketika proses pelaksanaan belajar-mengajar. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Perolehan penelitian memperlihatkan hasil belajar siswa yang meningkat, yang dapat dilihat rerata nilai hasil belajar keadaan awal dan siklus 1 yang meningkat dari 55,16 menjadi 73,75 dengan ketuntasan klasikal dari 28,1% menjadi 59%. Kemudian pada siklus II mengalami kenaikan rerata nilai hasil belajar menjadi 84,38 serta ketuntasan klasikal senilai 87,5%.
Kata Kunci: Project based learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.

References

Arif, H. A., & Made, A. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kompetensi Pemeliharaan Alat Ukur pada Siswa Kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unesa, 06(01), 68–76.

Dwi, S. (2019). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. ALPRIN.

Hamdan, A., & Made, A. I. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X TKR 4 di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unesa, 12(01), 19–24.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19.

Iskandar, A. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Bestari Buana Murni.

Jati Nugroho, L. (2015). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Universitas Negeri Yogyakarta, 151, 10–17.

Kemendikbud. (2018). Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMA (1st ed.). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syam, A. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao. UIN Alauddin Makassar, 1(1), 3–9.

Vebrianto, R. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning. DOTPLUS.
Published
2024-01-12
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 15