PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 5 SURABAYA

Penulis

  • Yudi Kurniawan Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Project based learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstrak

Abstrak
Penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada pengajar (teacher centered) pada pelaksanaan aktivitas belajar-mengajar menciptakan kurang menarik bagi siswa dalam hal materi yang dibagikan dan proses belajar-mengajar yang dibawakan oleh pengajar akan memiliki efek dalam hal raihan hasil belajar siswa yang dibawah batas nilai yang ditetapkan. Perolehan observasi yang peneliti laksanakan di SMKN 5 Surabaya pada mata pelajaran Teknik permesinan konvensional, peneliti menjumpai bahwasanya mayoritas siswa kurang berpartisipasi dan berinteraksi secara aktif dalam pelaksanaan aktivitas belajar-mengajar hingga proses belajar-mengajar cenderung pasif serta mempengaruhi capaian hasil belajar siswa yang dibawah batas nilai yang ditetapkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha guna menaikkan capaian hasil belajar melewati penggunaan model pembelajaran, yakni menggunakn model pembelajaran project based learning (PjBL) ketika proses pelaksanaan belajar-mengajar. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Perolehan penelitian memperlihatkan hasil belajar siswa yang meningkat, yang dapat dilihat rerata nilai hasil belajar keadaan awal dan siklus 1 yang meningkat dari 55,16 menjadi 73,75 dengan ketuntasan klasikal dari 28,1% menjadi 59%. Kemudian pada siklus II mengalami kenaikan rerata nilai hasil belajar menjadi 84,38 serta ketuntasan klasikal senilai 87,5%.
Kata Kunci: Project based learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-12

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 57