Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMKN 2 Sampang
Keywords:
Problem Based Learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswaAbstract
Abstrak
Berdasarkan pengalaman pada saat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) serta observasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sampang, proses pembelajaran masih memakai model pembelajaran konvensional, sehingga minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dimana pembelajaran lebih didominasi oleh keterlibatan guru. Oleh karena itu, pendidikan siswa terhadap proses pembelajaran rendah, perihal tersebut mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa yang masih rendah dengan ditunjukkan nilai siswa dibawah KKM ialah 68% serta kegiatan belajar partisipan didik yang kurang aktif serta cenderung pasif. Berdasarkan pada permasalahan tersebut dikembangkan sesuatu model pendidikan yang bertujuan buat tingkatkan mutu proses pendidikan ialah dengan mengaplikasikan model pendidikan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas( PTK) yang memakai 2 siklus dengan subjek riset kelas XI TKR 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sampang tahun ajaran 2020 / 2021 yang berjumlah 36 partisipan didik. Pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) kompetensi dasar yang di ajarkan merupakan menguasai pemeliharaan system utama engine dan mekanisme katup yang dicoba dalam 2 siklus yang masing- masing siklus ada sesi perencanaan, penerapan, pengamatan, serta refleksi. Metode pengumpulan informasi yang digunakan merupakan observasi serta uji yang diaplikasikan dalam bentuk penelitian. Hasil menampilkan kalau hasil belajar peserta didik bertambah dari siklus I ke siklus II, dimana siklus I adalah 61% serta siklus II dengan hasil 86%.
Kata Kunci: Problem Based Learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

