PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK MERANCANG DENGAN SUB BAHASAN MENGAPLIKASIKAN HASIL PERHITUNGAN RANCANGAN GAMBAR

Penulis

  • Muhammad Rohman Arif Universitas Negeri Surabaya
  • Djoko Suwito Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Modul Teknik Merancang, Model Pengembangan 4-D, Hasil Belajar, Respon Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori-teori yang dibahas dalam buku referensi yang digunakan pada mata kuliah teknik merancang belum ada yang mengaitkan langsung dengan kasus nyata yang terjadi di lapangan. Selain itu, referensi yang digunakan hanya berfokus pada perhitungan saja, belum ada yang membahas secara langsung mengenai metode dalam mengaplikasikan hasil perhitungan rancangan gambar. Berawal dari permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah teknik merancang yang membahas mengenai metode mengaplikasikan hasil perhitungan rancangan gambar. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Subjek penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya yang mengikuti mata kuliah Teknik Merancang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, respon mahasiswa, pretest dan post-test. Hasil dari penelitian ini adalah berhasil dikembangkannya modul pembelajaran mata kuliah Teknik Merancang dengan sub bahasan Mengaplikasikan Hasil Perhitungan Rancangan Gambar menggunakan model pengembangan 4-D yang sangat layak. Respon mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan memiliki respon sangat baik. Hasil belajar mahasiswa juga meningkat setelah menggunakan modul ini. Ada beberapa kelemahan dari modul yang dikembangkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Ardjo, Anwar Sukito dkk. 2014. Membangun Perangkat Lunak Otomasi Perancangan Dan Penggambaran Roda Gigi Matahari Dan Pinion Untuk Gardan Mobil Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Mata Kuliah Elemen Mesin. Semarang: JTM Politeknik Negeri Semarang.

2. Hariyadi, Alfian. 2013. Pembuatan Modul Pembelajaran Wiper dan Washer Pada Praktikum Kelistrikan Otomotif Di Jurusan Ptm-Unesa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

3. Juhana, Ohan dan M. Suratman. 2000. Menggambar Teknik Mesin dengan standar ISO. Bandung: Pustaka Grafika.

4. Ridwan, M dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer. Jakarta: Pustaka Indonesia.

5. Sato, G. Takeshi dan N. Sugiarto Hartanto. 1986. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

6. Suhendrik, Muhammad. 2014. Pengembangan Modul Ajar Teknik Merancang Berbasis Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: JPTM Universitas Negeri Surabaya.

7. UNESA. 2014. Buku Pedoman Universitas Negeri Surabaya Tahun Akademik 2014/2015 Fakultas Teknik. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

8. Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-26

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 103 , PDF Downloads: 130