PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TABLE SHAKER UNTUK MATA KULIAH FISIKA TEKNIK 1 DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA
Kata Kunci:
Pengembangan, Modul, Uji Kelayakan, Table ShakerAbstrak
Abstrak Latar belakang penelitian ini yaitu proses pembelajaran mata kuliah Fisika Teknik I masih minim menggunakan media pembelajaran, khususnya modul. Hal ini menyebabkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran rendah terutama saat pelaksanaan praktik. Maka dari itu peneliti melakukan pengembangan modul pembelajaran Table Shaker untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. namun karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga penelitian ini hanya sampai pada tahap 3-D. Peneliti melakukan penelitian di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 validator yakni validator instrumen, validator ahli materi, ahli desain, ahli bahasa dan 23 mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2020. Instrumen pada penelitian ini yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar validasi, dan lembar angket respon. Hasil penelitian ini mendapat persentase kelayakan modul sebesar 86%, yang termasuk dalam kriteria sangat layak dan respon mahasiswa sebesar 83% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Uji Kelayakan, Table Shaker
Unduhan
Referensi
1. Abbas, Wahidin. 2013. Fisika Teknik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Badar, Trianto Ibnu. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
3. Depdiknas, 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat PLT, Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
4. Ditjen PMPTK. 2008. Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK.
5. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Medan: Pustaka Setia.
6. Kusumawati, Naniek & Maruti, Endang Sri. 2019. Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika.
7. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
8. Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
9. Rahdiyanta, Dwi. 2016. Penulisan Modul. Academia.edu.
10. Setiawan, Syabam. Getaran Mekanik tentang Dunia Engineering. Bengkulu. Universitas Bengkulu.
11. Sumiharsono, M. Rudy & Hasanah, Hasbiyatul. 2017. Media Pembelajaran. Jember: CV. Pustaka Abadi.
12. Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
13. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
14. Winatraputra, Udin S. 2014. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka.
15. Sujanto, Agus. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

