PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM STARTER UNTUK SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK RAJASA SURABAYA
Kata Kunci:
Pengembangan, , Modul, Uji Kelayakan, Hasil Belajar, Trainer Sistem StarterAbstrak
Proses belajar mengajar yang dilakukan pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
pada kelas XI TKR SMK Rajasa hanya menggunakan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan belum
memiliki media pembelajaran berupa modul, yang dimana menjadi kendala untuk mencapai hasil belajar
secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul trainer sistem starter dan
mengetahui tingkat validitasnya, serta Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas sebelas (XI) Teknik
Kendaraan Ringan di SMK Rajasa Surabaya setelah menggunakan modul trainer sistem starter.
Pengembangan modul pembelajaran Trainer Sistem Starter menggunakan metode 4D yaitu Define,
Design, Development, dan disseminate. Akan tetapi pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan
karena terbatasnya waktu. Dalam penelitian ini terdapat 4 validator yakni validator instrumen penelitian,
ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket uji
kelayakan modul dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini mendapat persentase kelayakan
modul sebesar 79% yang termasuk dalam kriteria layak dan peningkatan hasil belajar peserta didik
sebesar 44%.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Uji Kelayakan, Hasil Belajar, Trainer Sistem Starter
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

