PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PENGOPERASIAN PLC OMRON CP1E UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMEN DAN KENDALI
Kata Kunci:
Video Tutorial, PLC, Software CX-ProgrammerAbstrak
Abstrak
Indonesia merupakan salah satu negara yang berpontensi tinggi terhadap penyebaran virus COVID-19. Hal ini menjadikan gangguan bagi proses belajar mengajar, sehingga diharuskan untuk belajar dalam jaringan. Guru atau pendidik diharapkan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis dalam jaringan agar berkemajuan dalam proses belajar mengajar dan mempermudah peserta didik untuk belajar. Mata kuliah Instrumentasi dan Kendali merupakan mata kuliah yang membutuhkan praktikum, sehingga kesulitan dalam melakukan pembelajaran dalam jaringan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kelayakan video tutorial yang dikembangkan dan mendeskripsikan hasil belajar, respon mahasiswa, dan respon dosen terhadap penerapan media pembelajaran berbasis video tutorial. Jenis peneltian ini adalah deskriptif kuantitatif. Model yang digunakan pada penelitian yaitu ADDIE dengan lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Menggunakan angket ahli materi, ahli media, ahli bahasa, mahasiswa yang sudah menempuh Instrumentasi dan Kendali, Respon dosen, respon mahasiswa, pre-test dan post-test untuk mengetahui kelayakan video tutorial. Hasil kelayakan video tutorial dari ahli materi 3,67 kategori sangat layak, ahli bahasa 3,7 kategori sangat layak, ahli media 3,72 kategori sangat layak, mahasiswa sudah kuliah 3,8 kategori sangat layak. Video tutorial dengan rata-rata 3,72 termasuk kategori sangat layak. Oleh karena itu, video tutorial pengoperasian PLC Omron CP1E dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran mata kuliah Instrumentasi dan Kendali.
Kata Kunci: Video Tutorial, PLC, Software CX-Programmer
Unduhan
Referensi
Siakadu UNESA. 2021. siakadu.unesa.ac.id (diakses pada tanggal 18 Desember 2021)
1. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
2. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
3. Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
4. Widyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

