PENGEMBANGAN MODUL CAR AIR FILTER PAPER PRESS MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR BENSIN TEKNIK MESIN UNESA
Kata Kunci:
Pengambangan Modul, Trainer Car Air Filter Paper Press, Praktik motor bensin, pengembangan 4DAbstrak
Proses pembelajaran mata kuliah praktik motor bensin pada kenyataannya masih cenderung bersifat konvensional, dimana mahasiswa masih belum memahami materi sistem bahan bakar konvensional. Car Air Filter Paper Press merupakan alat trainer yang dapat memproduksi lembaran kertas menjadi filter udara.Tujuan penelitian adalah membuat modul yang dapat dijadikan sebagai penunjang mahasiswa dalam melakukan praktik motor bensin.
Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan model 4-D yang memiliki empat tahapan yaitu Define , Desaign , Develop, dan disseminate , akan tetapi pada modul ini tidak menggunakan tahap Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menghasilkan penilaian sebesar 3,5 untuk dosen ahli materi, 3,75 untuk ahli desain, dan 2,8 untuk ahli bahasa. Jika rata-rata skornya 3,35 maka termasuk kategori sangat layak. Respon dosen dan mahasiswa terhadap penggunaan modul ini tercermin dari tampilan, penyajian dan manfaatnya. Dilihat dari rata-rata respon dosen nilai 3,5 dan respon mahasiswa 3,68 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul Car Air Filter Paper Press dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah praktikum mesin bensin.
Kata Kunci: Pengembangan Modul, Trainer Car Air Filter Paper Press, Praktik Motor Bensin, Pengembangan 4-D.
Unduhan
Referensi
1. Devi, Ni Komang, & Arsana, I. M. (2015). Pengembangan Modul Wire and Tube Heat Exchanger Untuk Menunjang Perkuliahan Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 4 No 2, 29-36.
2. Dryanto, D. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.
3. Jannah, I. N. (2011). Pengembangan Modul Petunjuk praktikum AC Mobil Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin Unesa. Tidak dipublikasikan.
4. L, A. N., H, H. M., & A, H. N. (2013). Developing Creative Teaching Module: Business Simulation in Teaching Strategic Management. International Education Studies, Vol. 6 No.6.
5. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
6. Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbisnis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
7. PMPTK, D. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Ditjen PMPTK.
8. Putro, W. E. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
9. S, T., S, S. D., & I, S. M. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children Leadership Training Institute/Special Education. Minesota: University of Minesota, Minneapolis.
10. Subroto, S. (1980). Sistem Pengajaran dengan Modul . Yogyakarta: Bima Aksara.
11. Sugiyono. (2011). Metode Peelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
12. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
13. Sutrisno, J. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Direktorat Pembinaan SMK.
14. Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
15. Undang-Undang Republik Indonesia N0. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

