PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN FRAIS KELAS XI DI SMK NEGERI 13 SURABAYA
Kata Kunci:
Model pembelajaran Jigsaw, Teknik Pemesinan Frais, Hasil BelajarAbstrak
Proses pembelajaran dengan metode konvensional di mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMKN 13 Surabaya berjalan kurang efektif. Siswa cenderung kurang antusias ketika pembelajaran karena Teknik yang dipakai bersifat monoton. Tujuan riset ini adalah guna mengetahui efektivitas pengaplikasian model pembelajaran Jigsaw kepada hasil belajar Teknik Pemesinan Frais kelas XI. Jenis riset ini adalah quasi-eksperimen dengan model Nonequivalent Control Group Design yakni mengkomparasi antara kelas eksperimen serta kelas kontrol. Subjek riset ini adalah murid kelas XI TPM 1 sebagai kelas eksperimen serta XI TPM 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket respon murid, soal pre-test serta post-test.Hasil riset ini adalah dengan uji Wilcoxon diambil kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar murid setelah penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Dari hasil uji N-gain kelas eksperimen adalah cukup efektif serta kelas kontrol adalah kurang efektif. Nilai rata-rata respon siswa 3,28 termasuk dalam kategori respon sangat baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran Jigsaw, Teknik Pemesinan Frais, Hasil Belajar.
Unduhan
Referensi
1. Arikunto, Suharsimi,. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka
2. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
3. Fauziyah, L & Wailanduw. A. Grummy 2013. Penerapan Pembelajaran Langsung Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Praktek Kelistrikan Otomotif Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.
4. Hidayat, Ilham Sutan. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X Teknik Sepeda Motor Di SMK Swasta Teladan Sei Rampah. Disertai tidak diterbitkan. Medan: Universitas Negeri Medan.
5. Ihsana, 2016. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
6. Kusuma, Aris. C 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kendaraan Ringan Dengan Materi Sistem Pendingin Mesin Kelas XI TKR 1 SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin.
7. Lie, A. 2004. Cooperative Learning : Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Ruang Kelas. Grasindo. Jakarta.
8. Nuh, Abu Bakar. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Diklat Alat Ukur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang. Disertai tidak diterbitkan. Medan: Universitas Negeri Medan.
9. Rianto, Arif (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooporatif Jigsaw Ii Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Tkj Smk Nasional Berbah Tahun Ajaran 2015/2016. Eprint Universitas Negeri Yogyakarta.
10. Riduwan 2010. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
11. Rusman 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
12. Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
13. Slavin, R. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.
14. Sudarshono, Ahmad 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Roda Dan Ban Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ott Smk Dwija Bhakti 2 Jombang. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo
15. Sugiyono. 2015. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
16. Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
17. Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik xPenyusunan instrumenxPenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
18. Yunus., & Muhanif. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X TPM SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Unesa JPTM.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

