EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR PADA KELAS XI SMKN 13 SURABAYA

Penulis

  • Kholud Putri Nurjanah Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Cholik Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

model pembelajaran jigsaw, gambar teknik manufaktur, kerjasama, hasil belajar

Abstrak

ABSTRAK
Proses pembelajaran. yang efektif dapat didukung. dengan penerapan model pembelajaran yang.
beragam, salah satunya adalah model pembelajaran jigsaw. Tujuan dilaksanakan penelitian adalah untuk
mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran GTM, mengetahui
keterampilan kerjasama dalam tugas kelompok pada mata pelajaran GTM, mengetahui pengaruh dari
model. pembelajaran jigsaw, terhadap hasil. belajar. di mapel GTM, serta mengetahui keefektifan model
pembelajaran/ jigsaw pada, mata/ pelajaran. GTM.
Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian. kuasi/ eksperimen, dengan menggunakan.model
nonequivalent control. group/ design. Subjek dari .penelitian., merupakan siswa, kelas XI TPm SMKN 13
Surabaya. Instrument penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes siswa.
Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah diterapkannya model
pembelajaran jigsaw. Untuk keefektivitasan .penerapan model, pembelajaran jigsaw ini mencapai nilai
56,529% tergolong kategori cukup efektif. Nilai untuk kerjasama kelompok mendapatkan nilai 4 yang
artinya kerjasama berjalan dengan baik.
Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, gambar teknik manufaktur, kerjasama, hasil belajar

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan, Pembelajaran.

Bandung: Alfabeta.

Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan,

Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media.

Fauziyah, L & Wailanduw. A. Grummy (2013).

Penerapan Pembelajaran Langsung Dan

Pembelajaran Kooperatif, Tipe/ Jigsaw

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada

Praktek, Kelistrikan. Otomotif. Unesa.

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(3), 70-

76.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php

/jurnal-pendidikan-teknikmesin/article/view/2367

Kusuma, Aris. C (2016). Penerapan Model

Pembelajaran. Kooperatif/ Tipe/ Jigsaw

Untuk Meningkatkan. Hasil Belajar

Siswa Pada. Mata. Pelajaran

Pemeliharaan Kendaraan Ringan

Dengan Materi Sistem Pendingin Mesin

Kelas XI TKR 1 SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal

Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 68-77.

Muhanif & Yunus (2017). Penerapan. Model

Pembelajaran, Kooperatif. Tipe Jigsaw

Untuk Meningkatkan. Hasil Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi

Mekanik Kelas X. TPM SMK. Negeri 5

Surabaya. Jurnal. Pendidikan Teknik

Mesin, 6(2), 131-138.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php

/jurnal-pendidikan-teknikmesin/article/view/22368

xiii

Nendra, Fadly. 2019. Pengembangan. Modul

Pembelajaran, Gambar. Teknik

Manufaktur Dengan Autodesk Inventor.

Tesis diterbitkan. Padang: Universitas

Negeri Padang.

Nur Ainun Lubis1, H. H. (2016). Pembelajaran

Kooperatif. Tipe, Jigsaw . Jurnal AsSalam, 96-102

Rohmawati, A. (2015). EFEKTIVITAS

PEMBELAJARAN. PENDIDIKAN USIA

DINI, 1-18.

Rusman. (2016). Model-Model. Pembelajaran

Mengembangkan. Profesionalisme

Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-01

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 103