EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR PADA KELAS XI SMKN 13 SURABAYA
Kata Kunci:
model pembelajaran jigsaw, gambar teknik manufaktur, kerjasama, hasil belajarAbstrak
ABSTRAK
Proses pembelajaran. yang efektif dapat didukung. dengan penerapan model pembelajaran yang.
beragam, salah satunya adalah model pembelajaran jigsaw. Tujuan dilaksanakan penelitian adalah untuk
mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran GTM, mengetahui
keterampilan kerjasama dalam tugas kelompok pada mata pelajaran GTM, mengetahui pengaruh dari
model. pembelajaran jigsaw, terhadap hasil. belajar. di mapel GTM, serta mengetahui keefektifan model
pembelajaran/ jigsaw pada, mata/ pelajaran. GTM.
Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian. kuasi/ eksperimen, dengan menggunakan.model
nonequivalent control. group/ design. Subjek dari .penelitian., merupakan siswa, kelas XI TPm SMKN 13
Surabaya. Instrument penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes siswa.
Adapun hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara sebelum dan setelah diterapkannya model
pembelajaran jigsaw. Untuk keefektivitasan .penerapan model, pembelajaran jigsaw ini mencapai nilai
56,529% tergolong kategori cukup efektif. Nilai untuk kerjasama kelompok mendapatkan nilai 4 yang
artinya kerjasama berjalan dengan baik.
Kata kunci: model pembelajaran jigsaw, gambar teknik manufaktur, kerjasama, hasil belajar
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta:
Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan, Pembelajaran.
Bandung: Alfabeta.
Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan,
Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz Media.
Fauziyah, L & Wailanduw. A. Grummy (2013).
Penerapan Pembelajaran Langsung Dan
Pembelajaran Kooperatif, Tipe/ Jigsaw
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada
Praktek, Kelistrikan. Otomotif. Unesa.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(3), 70-
76.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php
/jurnal-pendidikan-teknikmesin/article/view/2367
Kusuma, Aris. C (2016). Penerapan Model
Pembelajaran. Kooperatif/ Tipe/ Jigsaw
Untuk Meningkatkan. Hasil Belajar
Siswa Pada. Mata. Pelajaran
Pemeliharaan Kendaraan Ringan
Dengan Materi Sistem Pendingin Mesin
Kelas XI TKR 1 SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal
Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 68-77.
Muhanif & Yunus (2017). Penerapan. Model
Pembelajaran, Kooperatif. Tipe Jigsaw
Untuk Meningkatkan. Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi
Mekanik Kelas X. TPM SMK. Negeri 5
Surabaya. Jurnal. Pendidikan Teknik
Mesin, 6(2), 131-138.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php
/jurnal-pendidikan-teknikmesin/article/view/22368
xiii
Nendra, Fadly. 2019. Pengembangan. Modul
Pembelajaran, Gambar. Teknik
Manufaktur Dengan Autodesk Inventor.
Tesis diterbitkan. Padang: Universitas
Negeri Padang.
Nur Ainun Lubis1, H. H. (2016). Pembelajaran
Kooperatif. Tipe, Jigsaw . Jurnal AsSalam, 96-102
Rohmawati, A. (2015). EFEKTIVITAS
PEMBELAJARAN. PENDIDIKAN USIA
DINI, 1-18.
Rusman. (2016). Model-Model. Pembelajaran
Mengembangkan. Profesionalisme
Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian

