Evaluasi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Program SMK PK di SMK NU 1 Karanggeneng

Pembelajaran Berdiferensiasi

Penulis

  • Tahsinul Akhlaqi Universitas Negeri Surabaya
  • Grummy Wailanduw Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Evaluasi, SMK PK

Abstrak

Pendidikan mengalami perubahan signifikan dengan munculnya jalur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bertujuan menghasilkan lulusan berkualitas dan siap kerja. Program SMK Pusat Keunggulan (PK) berfokus pada keselarasan pendidikan vokasi dengan dunia kerja. Pembelajaran berdiferensiasi, yang memenuhi kebutuhan individu siswa, menjadi kunci untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada program SMK PK di SMK NU 1 Karanggeneng dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menganalisis efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi untuk mengetahui efektivitas suatu program dengan membandingkan hasilnya dengan tujuan atau standar yang diterapkan. Pendekatan yang digunakan adalah campuran, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMK NU 1 Karanggeneng berjalan cukup baik, dengan aspek lingkungan belajar yang mendukung interaksi siswa meskipun fasilitas untuk siswa gaya belajar auditori masih kurang memadai. Isi materi sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, namun belum optimal untuk siswa gaya belajar kinestetik. Penyampaian materi mendukung berbagai gaya belajar, meskipun penyampaian materi untuk siswa kinestetik perlu ditingkatkan. Siswa dapat memilih tugas akhir sesuai gaya belajar, tetapi kurangnya aktivitas asesmen akhir untuk siswa kinestetik dan auditori yang masih menjadi kendala. Secara keseluruhan, implementasi pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap pemenuhan kebutuhan belajar siswa, namun masih diperlukan peningkatan, terutama pada aspek produk yang memperoleh skor paling rendah, agar hasilnya lebih maksimal. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi dengan melibatkan siswa dan guru pada elemen sketsa dan ilustrasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Damayanti, F., Susilowati, T., & Subarno, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK Negeri 6 Surakarta. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 2(3), 126–141. https://doi.org/10.58684/jarvic.v2i3.83

Halimah, N., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 5019–5033.

Harto, M., Misbah, M., Purwasih, D., Umar, F., & Muhammad, N. (2023). Bibliometric Analysis of Research Trends on Differentiated Learning In Merdeka Curriculum. Vidya Karya, 38(1), 14. https://doi.org/10.20527/jvk.v38i1.16063

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(September 2021), 89–100.

Morissan. (2014). Metodologi Penelitian Survei. Kencana Prenadamedia Group.

Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., & Khairani, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22–32.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction).

Sakarinto, W. (2021). SMK Pusat Keunggulan Jadi Daya Dorong Penciptaan Lulusan Unggul dan Kompeten. Www.Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/03/smk-pusat-keunggulan-jadi-daya-dorong-penciptaan-lulusan-unggul-dan-kompeten

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Susana, K., Muhtarom, & Subandijah, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 2022. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3966/3093

Widoyoko, E. (2015). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Belajar.

Diterbitkan

2025-02-03

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 9