Penerapan Angle Pad Pada Mata Kuliah Praktik Pemesinan dalam Meningkatkan Keahlian Mengasah Pahat di Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

Penulis

  • Bima Anshari Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Hasbi Ramadani Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Angle pad, Hasil Belajar, Perangkat Pembelajaran, Respon

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin pada semester genap tahun ajaran 2022-2023, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dengan media yang terbatas, sehingga menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam memahami materi, melakukan praktik, dan merasa kurang percaya diri terhadap keselamatan saat mengasah pahat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang akan digunakan; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media angle pad dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media angle pad; (3) mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan media angle pad. Penelitian menggunakan desain eksperimen sejati (True Experiment) dengan model Randomized Pre-test Post-test Control Group Design. Teknik analisis data berupa validasi perangkat pembelajaran, uji-t dan angket respon mahasiswa. Data dikumpulkan melalui tes praktik mengasah pahat untuk menilai hasil belajar mahasiswa, serta pengisian angket untuk mengukur respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan media angle pad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jobsheet dan angket respon mahasiswa dinyatakan sangat layak digunakan dengan tingkat kelayakan 96%; (2) terdapat perbedaan signifikan hasil praktik antara kelas eksperimen yang menggunakan media angle pad dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media angle pad; (3) respon mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan media angle pad memperoleh skor rata-rata 88,4% yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adenan, R. and Achmadi.H, B. (2015) ‘Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Kompetensi Menggerinda Pahat Siswa Kelas XI TPM 3 Di SMK Antartika 1 Sidoarjo’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 3(02), pp. 49-55.

Balaka, M.Y. (2022) Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by I. Ahmaddien. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA.

Hasan, M.M.D.H.K.T. (2021) Media Pembelajaran, Tahta Media Group.

Rachmad, B. (2018) ‘Pembuatan Jig pengasah Pahat Bubut dengan Memanfaatkan Motor Pompa Air’, Indonesian Journal Of Laboratory [Preprint]

Riduwan (2015) Skala Pengukuran Variabel-Variabel Peneitian. Bandung: Alfabeta.

Sidiq, A.W. and Nuswantoro, M.A. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (E-Learning) dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bagi Mahasiswa S1 Akuntansi FE Universitas Semarang’, Solusi, 19(2), pp. 15–27. Available at: https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3047.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A. and Nyoto, A. (2016) ‘Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan’, Jurnal pendidikan, 1, pp. 263–278.

Diterbitkan

2025-01-25

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 15