PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN DI SMKN 1 JABON

Penulis

  • Burhanudin Syukur Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Arizal Universitas Negeri Surabaa

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar yang aktif kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMKN 1 Jabon. (2) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMKN 1 Jabon. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen melalui desain penelitian Quasi-eksperimental. Pendekatan yang digunakan adalah The Non-Equavalent Control Group. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI di SMKN 1 Jabon yang dibuktikan dengan rata-rata posttest minat belajar kelas XI TKR 1 lebih besar daripada kelas XI TKR 2, yaitu 69.79 ≥ 67.39.ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI di SMKN 1 Jabon yang dibuktikan dengan rata-rata posttest hasil belajar kelas XI TKR 1 lebih tinggi daripada kelas XI TKR 2, yaitu 83,33 ≥ 75,00.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

1. Anwar Muhammad. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2015.

2. Asiyah A, Walid A, Topano A. Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiry Dengan Model Kooperatif Learning Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Mata Pelajaran (IPA) Kelas V Sd Negeri 58 Kota Bengkulu. J Biol Learn 2020; 2: 78.

3. Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal dan minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif. Vol. 1, No.5. Hal. 68-75

4. Dewi, C. K., Prayito, M., Purnamasari, I., & Kusniati, S. (2023). Analisis model PBL Berbantu Media Konkrit terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Karanganyar Gunung 02.Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1508-1513.

5. Herlinda. Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Minat 6. Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Sman 1 Lebong Sakti. J Pembelajaran Fis 2020; 1: 1–10.

7. Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2021). Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p46-50

8. Indasari, C., & Mu’minin, A. A. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 5 Kediri. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 14(2), 104–113.

9. JESSICA SOHARI NPM 1621160041 et al., “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU”.,” Universitas Muhammadiyah Bengkulu

10. Odeh, O. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii-B Smpn 1 Karangjaya. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 9–14.

11.Saragi, L., & Dalimunthe, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan powerpoint terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi laju reaksi di kelas XI SMA. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 353-361.

Sirait, Erlando Doni. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematik”. Jurnal Formatif 6(1): 35-43

12. Suparno, Muhammad. (2017). Penerapan Modl Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Beajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 010 Silikuan Hulu Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

13. Yusrizal. Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. Yogyakarta: Pale Media Prima, 2016.

14. Yuza, R. P., Reinita, & Dasar, S. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4181–4188

Diterbitkan

2025-07-02

Terbitan

Bagian

Pendidikan Teknik Mesin
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0