PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA BOLAVOLI PUTRI JUNIOR PETROKIMIA GRESIK TAHUN 2018

  • NOVIA DWI KHASANAH
  • IRMANTARA SUBAGIO

Abstract

Pembinaan adalah suatu proses penggunaan manusia, alat peralatan, uang, waktu, metode, dan sistem yang didasarkan pada prinsip tertentu untuk pencapaian tujuan yang telah ditentukan dengan daya dan hasil yang sebesar-besarnya. Bolavoli adalah suatu permainan dengan 6 orang pemain pada sisinya. Yang menjadi sasaran adalah mengirimkan bola diatas net dan didalam batas-batas lapangan sampai lawan tidak mampu mengembalikan bola atau mencegah agar tidak jatuh ketanah.

Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pembinaan kegiatan latihan Klub Bolavoli Putri Petrokimia Gresik Tahun 2018 dan untuk mengetahui prestasi yang telah dicapai oleh atlet selama dalam pembinaan Klub Bolavoli Putri Petrokimia Gresik Tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah pengurus, pelatih dan atlet Klub Bolavoli Putri Petrokimia Gresik. Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi.

Adapun hasil dari pengamatan dan wawancara bahwa 1) manajemen organisasi yang kurang baik karena struktur organisasi belum tersusun dengan baik. 2) pembinaan latihan yang rutin berprogram dan terencana. 3) standar pelatih yang berkualitas. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Bolavoli Putri Petrokimia Gresik sangat bagus dan lengkap. Antara lain lapangan indoor, lapangan outdoor, lapangan berpasir, tempat fitness, asrama atlet yang nyaman dan bersih, kamar mandi. Prestasi yang pernah didapat oleh atlet Bolavoli Putri Petrokimia Gresik sudah membanggakan, karena hampir semua atlet sudah berprestasi atau mendapat juara di kejuaraan yang diikuti semenjak bergabung dan berlatih di Bolavoli Putri Petrokimia Gresik. Akan tetapi target yang dimiliki oleh Klub Bolavoli Putri Petrokimia Gresik masih belum tercapai.

Kata Kunci : Pembinaan, Bolavoli, Petrokimia Gresik

Published
2019-08-14
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 205