RANCANG BANGUN SISTEM PENGGERAK MEDIA PEMBELAJARAN MESIN MOTOR 4 TAK HONDA ASTREA LEGENDA

  • MARTA WIRATAMA

Abstract

Abstrak

Dunia pendidikan di Indonesia berkembang sangat pesat. Khususnya teknik mesin otomotif. Aspek yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan mesin otomotif adalah media pembelajaran yang berkualitas dan mudah dimengerti. Guna memenuhi aspek tersebut, kami tertarik untuk membuat Media Pembelajaran Mesin Motor 4 Tak. Kami tertarik untuk membahas sistem penggerak dalam Tugas Akhir (TA) ini. Yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah putaran output (rpm) komponen dinamis yang ideal. Dengan hasil putaran yang ideal, proses pergerakan komponen utama seperti Piston dan Transmisi akan terlihat dengan baik dan jelas. Metode perencanaan sistem penggerak media pembelajaran mesin motor 4 tak Honda Astrea Legenda yaitu: perhitungan komponen yang akan digunakan, pembelian komponen baru dan bekas yang mudah diperoleh, serta proses perakitan dan penyetelan sistem penggerak. Hasil perhitungan sistem penggerak menunjukkan bahwa, motor yang digunakan adalah motor AC dengan kecepatan 49 rpm. Karena kecepatan output yang diinginkan 36 rpm, maka digunakan perbandingan sprocket 1:1,36. Jumlah gigi sprocket (z1) = 11 gigi, jumlah gigi sprocket (z2) = 15 gigi. Rantai yang digunakan type RS 35 dengan panjang rantai 525 mm.

Kata kunci : Sistem penggerak, Media Pembelajaran, Mesin Motor 4 Tak

Published
2015-01-08
How to Cite
WIRATAMA, M. (2015). RANCANG BANGUN SISTEM PENGGERAK MEDIA PEMBELAJARAN MESIN MOTOR 4 TAK HONDA ASTREA LEGENDA. Jurnal Rekayasa Mesin, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/10267
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 84