RANCANG BANGUN TRAINER HONDA VARIO 125 PGM-FI

  • FITRA SUHARIANTO

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin modern khususnya dibidang otomotif. Banyaknya teknologi – teknologi canggih merupakan bukti nyata bahwa perkembangan di dunia otomotif berkembang dengan pesat. Tingginya polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas buang menjadi alasan utama Honda menciptakan sistim programmed fuel injection (PGM-FI). Walaupun banyak kendaraan yang berteknologi modern di Indonesia namun dalam dunia pendidikan media pembelajaran untuk teknologi–teknologi modern khususnya pada sepeda motor kurang memadai karena keterbatasan sarana dan prasarana.Rancang bangun Trainer Honda vario 125 PGM-FI adalah membuat media pembelajaran yang menggunakan komponen – komponen asli Honda dengan bantuan motor listrik berkecepatan 1000–2500 rpm dan membahas sistim injeksi bahan bakar.  Pengujian sistim injeksi bahan bakar menggunakan metode besar derajat bukaan throttle valve berbanding waktu yang dibutuhkan injector untuk melakukan penginjeksian. Hasil pengujian sistim injeksi pada trainer Honda vario 125 PGM-FI cenderung mengalami peningkatan  dari 10o (5 mS), 20o (7.24 mS), 30o (7.71 mS), 40o (8.09 mS), 50o (8.47 mS), 60o (8.67 mS), 70o (8.95 mS), 77.5o (9.14 mS). Hal tersebut dikarenakan semakin besar derajat bukaan throttle valve maka waktu yang dibutuuhkan injector untuk menyemprotkan bahan bakar akan semakin lama.

Kata kunci: Sistim injeksi, PGM-FI, rancang bangun trainer.

Published
2015-05-29
How to Cite
SUHARIANTO, F. (2015). RANCANG BANGUN TRAINER HONDA VARIO 125 PGM-FI. Jurnal Rekayasa Mesin, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/11710
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 97