RANCANG BANGUN ENGINE TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI

  • MOH. ARIF SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) semakin pesat khusunya dalam bidang Otomotif. Salah satu perkembangn teknologi otomotif yang sampai saat ini terus dikembangkan adalah sistem EFI (Electronic Fuel Injection), teknologi ini terus dikembangkan kerna teknologi ini lebih ramah lingkungan, campuran udara dan bahan bakar lebih optimal, lebih hemat bahan bakar hingga 30%, dan lebih responsif. Walaupun perkembangan dunia otomotif sangat pesat, namun dalam dunia pendidikan pembelajaran untuk teknologi-teknologi moderen seperti EFI kuhusnya pada sepeda motor kurang memadai, karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. Dalam hal ini penulis bertujuan untuk membuat alat sebagai media pembelajaran/trainer praktik sepeda motor dan motor kecil, karena kurangnya media pembelajaran sistem EFI pada mata kuliah praktik sepeda motor dan motor kecil. Rancang Bangun Engine Trainer Yamaha Mio-J YMJET-FI (Yamaha Mixture JET-FI) adalah sebuah media pembelajaran untuk praktik sepeda motor dan motor kecil, yang dalam proses pengerjaannya meliputi: (1) mendesain alat, (2) pemilihan bahan, (3) pengukuran bahan, (4) pemotongan bahan, (5) pengelasan, (6) pengecatan, (7) perakitan dan (8) pengujian. Hasil pengujian getaran pada putaran idle 0,45 m/s² getaran cenderung mangalami peningkatan pada putaran mesin yang semakin tinggi, pada putaran full rpm getaran yang dihasilkan mencapai 11,67 m/s². perhitungan kekuatan kampuh las didapatkan hasil 0,24 N/mm² = 61,2 kg/cm², dari hasil perhitungan tegangan tekan trainer mampu menerima beban 120,4 kg, dari hasil tersebut tegangan tekan yang mampu diterima trainer lebih tinggi dari beban yang diterima trainer (motor Yamaha  Mio-J).

Kata Kunci: rancang bangun, engine trainer

Published
2015-12-29
How to Cite
ARIF SETIAWAN, M. (2015). RANCANG BANGUN ENGINE TRAINER YAMAHA MIO-J YMJET-FI. Jurnal Rekayasa Mesin, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/13655
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 41