RANCANG BANGUN RANGKA MOBIL LISTRIK GARNESA

  • Ryan Anggriawan Dwi Putra D3 Teknik Mesin FT Unesa
  • Saiful Anwar Jurusan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Rangka mobil listrik GARNESA, Kompetisi Mobil Listrik Indonesia

Abstract

Rangka mempunyai peranan yang sangat vital khususnya sebagai bagian yang paling dasar dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang, terutama pada mobil listrik GARNESA, pada bagian-bagian pada mobil listrik yang ada kegunaan dari komponen-komponen tersendiri. Untuk melakukan pengujian kekuatan las kampuh. perlu diperhitungkan secara matang-matang dan pengujian yang sesuai peraturan dikarenakan supaya menghindari kurangnya perlindungan keselamatan bagi mengemudi dan kestabilan mobil. Tujuan rancang bangun ini adalah untuk mengetahui beban maksimal dan kekuatan las kampuh pada rangka.mobil listrik GARNESA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah rangka mobil listrik GARNESA yang sudah melewati perakitan dan pengelasan.dan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah dapat diketahui rancang bangun rangka pada mobil listrik GARNESA dan beban maksimal pada setiap bagian rangka mobil listrik GARNESA memiliki beban maksimal tersendiri dan hasilnya tidak selalu sama antara bagian-bagian rangka. Sedangkan pada kekuatan las kampuh, rangka mobil listrik GARNESA memiliki beban maksimal tampung sebesar 5.751 kg sehingga pada rangka ini sudah dapat menampung beban dari pengemudi, baterai, motor, kemudi, ataupun roda.

Published
2013-05-17
How to Cite
Dwi Putra, R. A., & Anwar, S. (2013). RANCANG BANGUN RANGKA MOBIL LISTRIK GARNESA. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(01), 26-33. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/2339
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 69