DESAIN RANGKA PADA PROTOTYPE MOBIL LISTRIK GARNESA

  • Hanif Gunawan Wibisono D3 Jurusan Teknik Mesin FT Unesa
  • Mochamad Yadi Jurusan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Desain Ledder Frame

Abstract

Perancangan desain rangka ini bertujuan untuk membuat desain rangka yang sesuai dengan kebutuhan mobil listrik Garnesa agar bisa kokoh menopang semua komponen yang melekat di rangka ini. Yang nantinya bisa menjadi mobil listrik yang seutuhnya. Desain rangka ini menggunakan desain rangka tipe ledder frame karena tipe ini sederhana tapi kokoh untuk menopang beban. Selain itu latar belakang penelitian ini juga bertujuan untuk menyelesaikan tugas akhir perkuliahan. Perancangan desain rangka ini menggunakan beberapa metode yaitu metode pemilihan bahan, metode observasi, metode pembuatan desain. Untuk metode pemilihan bahan, bahan yang di gunakan adalah besi berongga yang di beli di toko besi. Ada pun jenis- jenis besi berongga yang di pakai ialah, besi berongga kotak dan bulat yang masing-masing memiliki spesifikasi tegangan yaitu ST 36. Untuk metode pembuatan desain menggunakan software AutoCad 2007. Subyek perancangan ini adalah membentuk suatu rangka yang kokoh guna menopang komponen-komponen yang melekat di rangka. Hasil yang didapat dari analisa ini meliputi, beban total rangka normal yaitu 29,63 kg. Rangka penyangga nya mampu menahan beban maksimal yaitu 4069,44 kg. Mampu menahan beban maksimal pengemudi yaitu 1350 kg, Jadi desain rangka ini aman digunakan untuk rangka pada mobil listrik GARNESA.
Published
2013-05-17
How to Cite
Gunawan Wibisono, H., & Yadi, M. (2013). DESAIN RANGKA PADA PROTOTYPE MOBIL LISTRIK GARNESA. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(01), 57-62. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/2350
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 52