RANCANG BANGUN THROTTLE CONTROL PADA MOTOR PENGGERAK DAN CHARGER MANUAL PADA PROTOTYPE MOBIL LISTRIK GARNESA

  • Ali Zuhfrianto D3 Teknik Mesin FT Unesa
  • Agung Prijo Budijono Jurusan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: motor listrik DC, travo CT 10

Abstract

MOBIL LISTRIK, adalah suatu kendaraan yang menggunakan satu sumber energi, yang dapat berfungsi  sebagai penggerak utama kendaraan, yaitu  motor listrik DC . Untuk menjaga agar kendaraan dapat bekerja secara optimal, maka diperlukan suatu  sistem  throttle control pada motor penggerak yang dapat membantu dan mengingatkan pengendara untuk mempermudah mengendalikan kendaraan.Adapun metode yang digunakan yaitu merancang dan membangun sistem throttle control pada motor  penggerak dan charger manual. Selanjutnya garis besar rancangannya, yaitu: Sistem throttle control akan menginformasikan kepada pengendara mengenai kecepatan kendaraan, putaran motor brushless DC, dan panel instrument lainnya. Sebagai throttle control variabel pada motor brushless DC pada posisi Thorttle ditekan  ¼ thorttle ditekan ½ Thorttle ditekan penuh 450 rpm.Sistem charger manual= AC tegangan 220 V masuk ke travo step down menjadi 50 V AC masuk ke kiprok/ dioda keluar tegangan 50 V untuk mengisi baterai Pengisian pada  baterai selama 6 jam sesuai dengan kapasitas  yang dibutukan    baterai > dari 49.6V Sebagai penyimpanan/ penyedia arus listrik dengan tegangan 50.2V/48.0 V,4 buah baterai dirangkai seri,Baterai jika kurang < 12.4 V harus dicas 1buah baterai  , jika baterai penuh 13.4V selama 4 jam  sesuai dengan kapsitas baterai.Dengan menggunakan  throttle control pada motor penggerak dan charger manual ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah pengendara untuk mengemudikan secara maksimal.

Published
2013-05-21
How to Cite
Zuhfrianto, A., & Budijono, A. (2013). RANCANG BANGUN THROTTLE CONTROL PADA MOTOR PENGGERAK DAN CHARGER MANUAL PADA PROTOTYPE MOBIL LISTRIK GARNESA. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(01), 63-68. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/2407
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 135