SISTEM KONTROL TRAINER PELAPISAN LOGAM BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO NANO 328P

  • RIA HANDIWI
  • DYAH RIANDADARI

Abstract

Hasil observasi di Laboratorium Pelapisan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ialah di lab ini mahasiswa sering melakukan praktik pelapisan logam dengan cara elektroplating secara manual, sehingga rentan terdapat hasil pelapisan yang kurang sesuai, ketepatan waktu yang kurang efektif, cairan kimia berbahaya yang dapat terkena kulit tangan, serta belum adanya trainer pelapisan logam dengan Sistem Kontrol. Sebagai upaya penunjang pembelajaran agar lebih efektif dan aman maka tujuan dari penelitian ini yaitu terciptanya sistem kontrol trainer pelapisan logam berbasis mikrokontroler arduino nano 328P. Dimana trainer ini akan bermanfaat sekali untuk praktikum pelapisan yang sering kali dilakukan oleh para mahasiswa di lab pelapisan.

Dalam perancangan ini menggunakan jenis penelitian (R&D) Research and Development atau penelitian pengembangan berbasis eksperimen. Dengan tujuan untuk dapat menentukan spesifikasi komponen penggerak utama yang akan digunakan pada trainer pelapisan logam berbasis mikrokontroler Arduino Nano 328P.

Hasil dari perancangan sistem kontrol trainer pelapisan logam berbasis mikrokontroler arduino nano 328P ini didapatkan mekanime kerja alat sesuai dengan yang dirancang dan hasil uji performa trainer bekerja dengan baik berdasarkan pengujian pelapisan sebanyak 18 kali dan hasil ketebalan yang dihasilkan rata-rata sesuai berdasarkan rectifier yang digunakan yaitu 6A dan 10A. sistem kontrol ini berfungsi dengan baik sesuai perintah inputan.

Kata Kunci: Trainer Pelapisan, Sistem Kontrol, Mikrokontroler Arduino Nano, Trainer Pelapisan Logam

Published
2019-06-26
How to Cite
HANDIWI, R., & RIANDADARI, D. (2019). SISTEM KONTROL TRAINER PELAPISAN LOGAM BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO NANO 328P. Jurnal Rekayasa Mesin, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/28381
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 58