RANCANG BANGUN TRAINER PELAPISAN LOGAM DENGAN KONTROL WAKTU OTOMATIS

  • ARNES SETYA PRAYOGO
  • ARYA MAHENDRA SAKTI

Abstract

Abstrak

Mahasiswa yang melaksanakan praktikum di Lab. Pelapisan Logam Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya masih menggunakan peralatan yang sederhana dan dilakukan secara manual, hal ini menyebabkan hasil yang kurang maksimal dan sangat beresiko karena adanya kontak langsung dengan larutan elektrolit yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Untuk mempermudah praktikum perlu dirancang trainer pelapisan logam dengan kontrol waktu otomatis yang dikendalikan dengan micro contoller arduino dalam proses pelaksanaanya.

Perancangan trainer menggunakan metode R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan berbasis eksperimen. Serta Menganalisa kebutuhan yang sesuai dengan komponen yang akan digunakan, hal ini bertujuan untuk dapat menentukan spesifikasi komponen utama yang akan digunakan pada rancang bangun trainer pelapisan logam otomatis dengan kontrol waktu otomatis.

Hasil perancangan trainer pelapisan logam dengan kontrol waktu otomatis ini didapatkan komponen utama seperti body rangka trainer pelapisan logam terbuat dari bahan hollo galvalum ukuran 35 mm x 35 mm, dimensi rangka 600 mm x 740 m x 1000 mm, motor yang digunakan adalah motor wiper 12V 146,8 rpm dan motor power window 12V 60 rpm, handle katoda dengan dimensi 250 mm x 24 mm x 22 mm terbuat dari PE sehingga tidak larut saat proses pelapisan logam, serta gigi-gigi yang dibuat dengan modul 1,25 mm dan jarak antar gigi 3,925 mm, poros ulir penggerak panjang 600 mm dan diameter M20, poros pelurus memiliki panjang dan diameter yang sama dengan poros ulir penggerak, bak platting ukuran 240 mm x 240 mm x 160 mm berbahan plastik dengan daya tamping 9,216 liter, roda gigi diameter 60 mm, kedalaman pemotongan 2,8125 mm, jumlah gigi sebanyak 46 buah, modul 1,25 mm, dan total waktu kerja trainer pelapisan logam jika diasumsikan operator melakukan input waktu pada kedua bak platting sebesar 1 menit maka trainer pelapisan logam hanya membutuhkan waktu 4,0058 menit dalam 1 fase trainer pelapisan logam bekerja.

Kata Kunci: Electroplating, Trainer Pelapisan Logam.
Published
2019-06-26
How to Cite
SETYA PRAYOGO, A., & MAHENDRA SAKTI, A. (2019). RANCANG BANGUN TRAINER PELAPISAN LOGAM DENGAN KONTROL WAKTU OTOMATIS. Jurnal Rekayasa Mesin, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/28391
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 327