Rancang Bangun Trainer Motor Starter Cutting

Racang Bangun Trainer Motor Starter Cutting

  • muhammad sasmito adi mahasiswa
  • Grummy Wailanduw Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kendaraan–kendaraan dijaman dahulu cara menghidupkan engine dengan cara mengengkol sampai engine hidup, tidak seperti sekarang dengan memutarkan kunci kontak kendaraan bisa langsung hidup, yaitu dengan bantuan alat yang disebut motor starter. Motor starter berfungsi menghidupkan engine dan penting keberadaannya pada sebuah engine sebagai pengerak awal. Jadi perlu pembuatan trainer cutting yang bisa menjadi media pembelajaran bagi lembaga pendidikan.

Tugas akhir ini menggunakan metode rancang bangun, metode rancang bangun merupakan cara berfikir yang menyesuaikan dengan rumusan masalah dan tujuan perancangan untuk membuat suatu alat. Dengan menggunakan metode ini dapat memudahkan dalam proses perancangan alat. Perancangan alat ini untuk mendapatkan hasil perhitungan struktur dan kekuatan pada rancang bangun rangka pada media pembelajaran trainer motor starter cutting. Tahap perancangan dimulai dari penentuan ide kemudian dilanjutkan pada proses perancangan, proses perhitungan dan analisa hasil produk rangka media pembelajaran trainer motor starter cutting. Pada tahap pengujian motor starter cutting dilakukan dengan memutar kunci kontak pada posisi starter switch on, sehingga motor starter akan berputar maka mahasiswa bisa mengamati cara kerja motor starter yang di cuttting  tersebut dengan teliti dan mengerti cara kerjanya.

Kata kunci : Media pembelajaran,motor starter cutting

Published
2020-12-25
How to Cite
adi, muhammad, & Wailanduw, G. (2020). Rancang Bangun Trainer Motor Starter Cutting. Jurnal Rekayasa Mesin, 6(01), 77-82. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/37344
Abstract Views: 448
PDF Downloads: 511