ANALISA PERBEDAAN GETARAN JENIS RANTAI SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN ALAT MODE OF SHAPE ANALYZER
Abstract
Kekuatan rantai kendaraan merupakan masalah yang sangat penting dalam performa kendaraan. Rantai yang mengalami pemanjangan akan mengakibatkan performa kendaraan berkurang. Kekuatan rantai sepeda motor dapat dianalisis saat berjalan dengan analisis gaya terbesar pada kondisi tanjakan. Pengujian getaran dilakukan untuk mengetahui karakteristik dinamik dari struktur rantai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji alat sederhana yan mengukur frekuensi getaran pada rantai motor Crazo tipe 415H-130 dan 428H-130.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen mencari pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Proses pemulihan data dilakukan secara otomatis menyimpan data keluaran. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan data keluaran yang diperoleh adalah rantai Crazo tipe 415H-130 penggunaan rantai dengan 2 beban memiliki grafik yang selalu di puncak atau memiliki nilai percepatan yang tinggi pada 120 – 960 RPM. Berbeda dengan penggunaan rantai 1 beban yang cenderung selalu di bawah pada 120 – 960 RPM. Hanya di 860 RPM rantai dengan 1 beban memiliki nilai grafik yang tinggi dan memiliki grafik yang teratur membentuk puncak dan lembah. Sehingga rantai Crazo tipe 415H-130 memiliki pengaruh getaran yang lebih tinggi dibanding rantai Crazo tipe 428H-130.
