RANCANG BANGUN MESIN CETAK HOT PRESS PNEUMATIK

  • FEBRYANT ERDHI NAKULA

Abstract

Di era globalisasi dan zaman yang semakin berkembang ini segala urusan dituntut untuk cepat dan tepat waktu, salah satu diantaranya adalah kebutuhan berwirausaha untuk meningkatkan kapasitas produksi. Sesuai keadaan tersebut manusia membuat mesin cetak hot press manual dengan penekannya menggunakan tenaga manusia, namun mesin cetak hot press tersebut mempunyai penekanan yang tidak konstan sehingga kualitas produksi tidak sempurna. Melihat permasalahan tersebut, maka penelitian ini membahas tentang  mesin cetak hot press menggunakan penekan angin (pneumatik).

Pembuatan mesin hot press dengan  pneumatik  ini  dimulai  dari  proses desain  gambar,  dilanjutkan  dengan  perhitungan  dan  perencanaan  mesin dan pembuatan mesin itu sendiri. Tujuan dimaksudkan  agar  diketahui  bahan  dan  ukuran  komponen  mesin. Mesin  press didesain untuk menekan gaya  520 N menggunakan  batang silinder  berdiameter  1,6 cm. Pembuatan kerangka mesin cetak hot press pneumatik menggunakan besi dengan ukuran tebal 6 mm, panel box berukuran Panjang: 22 cm, Lebar: 16 cm dan Tinggi: 29 cm. Luas matras adalah, panjang: 80 mm, lebar 50 mm dan tebal minimal 16 mm sampai maksimal 95 mm, dengan ketebalan minimal motif 1 mm. Setelah  diketahui komponen mesin maka  dilanjutkan  dengan  perhitungan daya kompressor. Debit kompressor yang harus dialirkan kedalam silinder pneumatik adalah = 104 1/menit, sehingga harus menggunakan daya kompressor= 61 kW. Dan dilanjutkan pemasangan  komponen mesin  yaitu meliputi landasan selinder, landasan bidang kerja, penempatan perangkat pneumatik, penempatan pemanas dan penghitung waktu. Dengan terwujudnya rancangan mesin cetak hot press pneumatik, diharapkan menjadi jawaban atas masalah yang sedang dihadapi sampai saat ini.

Kata Kunci : Sistem pnuematik, Mesin cetak panas, Mesin pres emboss.

Published
2013-12-11
How to Cite
ERDHI NAKULA, F. (2013). RANCANG BANGUN MESIN CETAK HOT PRESS PNEUMATIK. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/6171
Abstract Views: 326
PDF Downloads: 1870