Analisis Pembebanan Statis Chassis Ladder Frame pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban GARNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrm.v9i01.61794Keywords:
Chassis ladder frame, Kontes Mobil Hemat Energi, Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik, Stress AnalysisAbstract
Pada tahun 2023, tim GARNESA Racing Team masih berpartisipasi dalam KMHE dan SEM kategori Urban Concept MPD diesel, namun mengalami penurunan performa jika dibanding tahun sebelumnya. Salah satu penyebab masalah, terindikasi dari chassis yang mengalami deformasi akibat belum dilakukannya analisis dan pemilihan material chassis yang masih kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain dan memilih material chassis ladder frame pada mobil GARNESA Racing Team sesuai regulasi teknis KMHE dan SEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software. Pada penelitian ini menggunakan material Aluminium 6061 dan jenis chassis ladder frame. Setelah itu analysis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan hasil perhitungan yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk gambar. Dari hasil analisis dan perhitungan, menunjukan bahwa desain chassis yang aman dan mengacu pada regulasi teknis KMHE dan SEM didapatkan nilai von mises stress maksimal 37.1 MPa, displacement maksimum 2.28 mm, dan safety factor 7.41 ul.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  Abstract views: 158
                                                        ,
 PDF Downloads: 20
                                
						
							






