Analisis Pembebanan Statis Chassis Ladder Frame pada Mobil Hemat Energi Tipe Urban GARNESA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrm.v9i01.61794Abstract
Pada tahun 2023, tim GARNESA Racing Team masih berpartisipasi dalam KMHE dan SEM kategori Urban Concept MPD diesel, namun mengalami penurunan performa jika dibanding tahun sebelumnya. Salah satu penyebab masalah, terindikasi dari chassis yang mengalami deformasi akibat belum dilakukannya analisis dan pemilihan material chassis yang masih kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain dan memilih material chassis ladder frame pada mobil GARNESA Racing Team sesuai regulasi teknis KMHE dan SEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software. Pada penelitian ini menggunakan material Aluminium 6061 dan jenis chassis ladder frame. Setelah itu analysis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan hasil perhitungan yang diperoleh akan disajikan dalam bentuk gambar. Dari hasil analisis dan perhitungan, menunjukan bahwa desain chassis yang aman dan mengacu pada regulasi teknis KMHE dan SEM didapatkan nilai von mises stress maksimal 37.1 MPa, displacement maksimum 2.28 mm, dan safety factor 7.41 ul.
In 2023, the GARNESA Racing Team team will still participate in the KMHE and SEM Urban Concept MPD diesel categories, but will experience a decline in performance compared to the previous year. One of the causes of the problem is indicated by the chassis experiencing deformation due to the lack of analysis and selection of inappropriate chassis materials. This research aims to analyze the design and select the ladder frame chassis material for the GARNESA Racing Team car according to KMHE and SEM technical regulations. The method used in this research is Finite Element Analysis (FEA) with the help of software. In this research, Aluminum 6061 material and a ladder frame chassis type were used. After that, data analysis uses quantitative data analysis with the calculation results obtained being presented in the form of images and graphs. The results of the analysis and calculations, show that the chassis design is safe and refers to the KMHE and SEM technical regulations with software. The maximum von Mises stress value is 37.1 MPa, the maximum displacement is 2.28 mm, and the safety factor is 7.41 ul.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
