Perancangan Chassis Jenis Ladder Frame Berbahan Hollow Aluminium Alloy Dimensi 1x3 inch dengan Pengujian Dinamis
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrm.v9i03.65862Abstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan chassis ladder frame untuk mobil hemat energi berbahan Hollow Aluminium Alloy. Chassis berfungsi sebagai struktur penopang utama yang harus mampu menahan beban kendaraan secara efektif, termasuk beban statis dari steering, pengemudi, mesin, dan baterai, serta beban dinamis yang muncul saat berkendara. Proses perancangan melibatkan analisis mendalam mengenai dimensi dan kekuatan material untuk mencapai desain yang stabil, minimalis, dan aerodinamis. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental dimana pengerjaan alat dimulai dari perancangan yang meliputi: observasi, desain alat dan uji fungsi. Pengujian dilakukan untuk mengevaluasi kekuatan chassis melalui metode uji dinamis. Hasil dari perancangan chassis memiliki dimensi akhir 1740,40 mm (panjang) x 780 mm (lebar) x 876,20 mm (tinggi). Sedangkan untuk hasil dari pengujian dinamis memperoleh hasil lendutan paling tinggi yakni 0,4cm dengan safety factor 7.29 ul, untuk momen inersia memperoleh nilai 996730.62 mm4, dan untuk von mises stress 37,77 Mpa. Temuan ini menunjukkan bahwa chassis yang dirancang memenuhi kriteria keamanan dan performa yang diperlukan untuk mobil hemat energi, sehingga dapat diimplementasikan dalam kompetisi KMHE dan SEM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
