RANCANG BANGUN MESIN CUP SEALER SEMI OTOMATIS

  • MOCHAMMAD AFAN ARIF RAHMAN

Abstract

Masalah kemasan memang sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama dalam hubungannya dengan produk pangan. Sejalan dengan itu pengemasan telah berkembang dengan pesat menjadi ilmu dan teknologi yang makin canggih. Ruang lingkup bidang pengemasan saat ini juga sudah semakin luas, mulai bahan yang sangat bervariasi hingga model, bentuk serta teknologi pengemasan semakin canggih dan menarik. Bahan kemasan yang digunakan bervariasi dari kertas, plastik, gelas, logam, fiber hingga bahan-bahan yang dilaminasi. Dengan melihat kemajuan zaman seperti itu penulis merancang suatu mesin pengemas produk minuman dalam gelas plastik secara semi otomatis yang akan dibahas dalam laporan tugas akhir ini mulai dari tahap-tahap persiapan, tahap pembuatan sampai tahap akhir.

Tahap awal sebelum pembuatan yaitu pengumpulan data berupa ukuran gelas yang akan digunakan yakni berdiameter 10mm dan berukuran 13 Oz. Kemudian dilakukan proses perhitungan-perhitungan yang menentukan proses selanjutnya yaitu proses gambar kerangka mesin. Setelah proses tersebut selesai dilanjutkan dengan proses pembuatan mesin itu sendiri.

Agar mesin ini dapat bekerja dengan maksimal, maka diperlukan rangka yang kuat dan kokoh. Oleh karena itu mesin tersebut dibuat menggunakan plat besi dengan ketebalan 6 mm kemudian untuk rangka menggunakan besi 10x10 mm. Mesin ini bekerja dengan aktuator berupa motor dc yang dikontrol menggunakan rangkaian monostable IC NE555. Mesin ini menggunakan catu daya bervariasi yaitu 5  dan 9 volt untuk rangkaian kontroler, sedangkan 12, 18, dan 24 volt untuk aktuatornya. Dilengkapi dengan selektor kecepatan membuat mesin ini menjadi dinamis, karena pengguna diberikan pilihan untuk kecepatan yang diinginkan. Plastik sisa pengepresan/packing akan digulung oleh aktuator secara otomatis setelah proses packing. Untuk mengatur panas maka mesin ini juga dilengkapi dengan temperatur kontrol. Serta diberikan penghitung jumlah gelas plastik agar mudah dalam menghitung hasil produksi.

Kata Kunci: Sistem Semi Otomatis, Mesin Pengemas, Kemasan Gelas Plastik

Published
2014-08-17
How to Cite
AFAN ARIF RAHMAN, M. (2014). RANCANG BANGUN MESIN CUP SEALER SEMI OTOMATIS. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/8911
Abstract Views: 773
PDF Downloads: 2562