RANCANG BANGUN MULTY CELL WATER ELECTROLYZER MODEL PLAT DENGAN KATALIS KOH PADA MESIN ISUZU C190

  • GILANG PUTRA HARYWARDHANA IRSY

Abstract

Berkembangnya sektor transportasi yang semakin meningkat mengakibatkan cadangan minyak bumi dari tahun ke tahun semakin menurun sehingga berdampak pada berbagai sektor. Sektor yang terkena dampak langsung adalah sektor transportasi. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat akan memberikan dampak buruk pada lingkungan sekitar. Gas buang yang dihasilkan kendaraan, seperti CO2, NOx, CO, HC, SOx, Pb, dan PM (particulate matter) akan menyebabkan polusi udara yang membahayakan bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, diperlukan alat yang berfungsi untuk mereduksi konsumsi bahan bakar mesin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsumsi bahan bakar, opasitas, dan tingkat kebisingan mesin Isuzu C190 dengan multy cell water electrolyzer model plat dengan katalis KOH.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah mesin Isuzu C190. Standar pengujian konsumsi bahan bakar mesin diesel menggunakan metode pengujian kecepatan berubah dengan katup throttle terbuka penuh yang berpedoman pada SNI 7554:2010, pengujian kepekatan asap berdasarkan SNI 19-7118.2-2005 yang berpedoman SAE-J1167, dan standar pengujian tingkat kebisingan berdasarkan SNI 09-1825-2002 yang berpedoman ISO/FDIS 5130. Peralatan dan instrumen penelitian yang digunakan adalah fuel meter, smoke opacity meter, sound level meter, digital tachometer, manometer, electronic control temperature, stopwatch dan blower. Analisis data menggunakan metode deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multy cell water electrolyzer berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, opasitas dan meningkatkan tingkat kebisingan pada mesin Isuzu C190. Dengan gas hidrogen (H2) dan oksigen (O2) disalurkan ke dalam intake dan filter dihasilkan reduksi konsumsi bahan bakar terbaik. Dimana, dihasilkan reduksi konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 18,41%. Sedangkan gas hidrogen dan oksigen yang disalurkan ke dalam filter, intake dapat mereduksi konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 8,57% dan 10,69%. Selain itu, gas hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang disalurkan ke dalam filter, intake maupun intake dan filter dapat mereduksi opasitas masing-masing sebesar 62%, 69% dan 85%. Namun, gas hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang disalurkan ke dalam filter, intake maupun intake dan filter cenderung meningkatkan tingkat kebisingan masing-masing sebesar 1,4%, 3,3% dan 5,1%.

Kata Kunci: Multy cell water electrolyzer, KOH, konsumsi bahan bakar, opasitas, kebisingan

Published
2014-08-18
How to Cite
PUTRA HARYWARDHANA IRSY, G. (2014). RANCANG BANGUN MULTY CELL WATER ELECTROLYZER MODEL PLAT DENGAN KATALIS KOH PADA MESIN ISUZU C190. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(03). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/8956
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 27