Sikap Bahasa Anak Remaja Panti Asuhan Nurul Wildan Terhadap Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripskan sikap bahasa anak remaja panti asuhan Nurul Wildan terhadap bahasa Indonesia ketika berkomunikasi pada situasi formal atau non-formal terhadap mitra bicaranya. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak remaja (anak dengan usia antara 13-17 tahun) yang ada di panti asuhan Nurul Wildan, sedangkan data dalam penelitian ini adalah data hasil dari kuisioner, berupa pertanyaan tertutup dan terbuka. Hasil yang didapatkan dari kuisioner tertutup penelitian ini untuk menjawab sikap bahasa anak remaja panti asuhan Nurul Wildan terhadap bahasa Indonesia, sedangkan untuk hasil yang didapatkan dari kuisioner terbuka digunakan untuk menjawab faktor yang melatarbelakangi sikap bahasa anak remaja panti asuhan Nurul Wildan terhadap bahasa Indonesia. Sikap bahasa anak remaja panti asuhan nurul wildan menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia meskipun pada dasarnya bahasa Ibu atau bahasa pertama tidak mengguakan bahasa Indonesia melainkan menggunakan bahasa daerah asal masing-masing. Hasil yang didapatkan dari kuisioner terbuka yaitu menegnai faktor yang melatarbelakangi sikap tersebut antara lain kemampuan berkomunikasi, merasa senang mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia, karakter individu, rasa aman dan nyaman ketika menggunakan bahasa Indonesia, serta berdasarkan respon mitra bicara.
Kata Kunci: sikap bahasa, bahasa Indonesia, penelitian, anak remaja.
Downloads

