IMPLIKATUR PADA IKLAN HAND SANITIZER DI TELEVISI SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) jenis dan fungsi implikatur pada iklan hand sanitizer di televisi selama pandemi Covid-19 dan (2) faktor yang memengaruhi adanya implikatur pada iklan pada iklan hand sanitizer di televisi selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif-kualitatif yang berfokus pada pendeskripsian jenis dan fungsi implikatur serta faktor yang memengaruhi adanya implikatur pada iklan pada iklan hand sanitizer di televisi selama pandemi Covid-19 . Data pada penelitian ini berupa tuturan pada iklan hand sanitizer yang didapat menggunakan metode Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik rekam serta teknik catat. Selain itu, instrument yang digunakan saat mengambil data yaitu alat rekam dan alat tulis. Data dianalisis menggunakan teori dan pendekatan pragmatik yang lebih berfokus pada implikatur. Hasil yang didapat yaitu (1) terdapat dua jenis implikatur, yaitu implikatur konvensional dan implikatur percakapan. Implikatur konvensional ditemukan pada 9 data dan implikatur percapakan ditemukan pada 1 data. Fungsi implikatur yang ditemukan yaitu memberi tahu, menganjurkan, mengajak, dan menasehati dan (2) Faktor yang memengaruhi penggunaan implikatur pada pada iklan produk hand sanitizer di televisi selama masa pandemi Covid-19. Faktor tersebut ialah faktor kebutuhan masyarakat dan ke-efektifitas-an produk.
Kata Kunci: implikatur, iklan hand sanitizer.
Downloads
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)