BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA SLOGAN PADA KENDARAAN ANGKUTAN BARANG DI SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi slogan pada kendaraan angkutan barang di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini berupa slogan yang terdapat di bodi atau badan kendaraan angkutan barang di surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semantik yang dikemukakan Chaer dan teori fungsi Halliday. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik simak dan teknik catat. Metode metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dan metode padan. Hasil dari penelitian ini pada 29 slogan kendaraan angkutan barang di Surabaya, ditemukan dua bentuk slogan, yaitu 1 slogan dengan bentuk frasa dalam bahasa asing, dan 28 slogan dengan bentuk klausa (10 bahasa Indonesia, 8 bahasa asing, dan 10 bahasa daerah). Adapun jenis makna yang ditemukan dalam penelitian ini ialah 23 makna gramatikal dan 6 makna kias. Fungsi slogan ditemukan; 4 fungsi instrumental, 3 fungsi regulasi, 9 fungsi representasi, 1 fungsi interaksional, 3 fungsi personal, dan 9 fungsi imajinatif.
Kata Kunci: isi, format, artikel.
Downloads

