STRUKTUR WACANA IKLAN PROVIDER PADA SHORT MESSAGE SERVICE (SMS)
Abstract
Pemanfaatan layanan SMS sebagai media iklan memiliki pemilihan kalimat dan kata yang sangat menarik apalagi melihat jika dibandingkan dengan media lain yang media iklannya tidak hanya menampilkan teks dan visual sedangkan iklan di SMS hanya menampilkan sepenuhnya teks dikarenakan keterbatasan media SMS itu sendiri. Bagaiaman sebuah teks sepenuhnya disusun untuk menarik mempengaruhi dan menarik minat penerimanya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berarti tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur wacana iklan provider melalui SMS yang paparan datanya berupa teks. Adapun teknik pemerolehan datanya adalah dengan dokumentasi, yaitu SMS yang dikiíimkan provider diterima oleh pelangan provider dan disimpan beíupa tangkapan layar dan kemudian ditulis ulang guna memudahkan proses analisis. Struktur wacana yang terkandung dalam iklan SMS provider dibagi menjadi tiga bagian: teknik persuasi (kepala wacana), pengenalan produk (tubuh wacana), pemerolehan produk (penutup wacana). Pada teknik persuasi ditemukan lima teknik persuasi diantaranya adalah teknik rasional, teknik identifikasi, teknik sugesti, teknik kompensasi, dan teknik proyeksi. Terdapat tujuh diksi dominan yang ditemukan dalam peneilitian ini diantaranya diskon, sale, flashsale, cashback, selamat, special, bonus, dan promo.
Kata Kunci: wacana, iklan, struktur, persuasi, diksi

