STRUKTUR WACANA IKLAN PROVIDER PADA SHORT MESSAGE SERVICE (SMS)

  • Narendra Adi Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Agusniar Dian Savitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pemanfaatan layanan SMS sebagai media iklan memiliki pemilihan kalimat dan kata yang sangat menarik apalagi melihat jika dibandingkan dengan media lain yang media iklannya tidak hanya menampilkan teks dan visual sedangkan iklan di SMS hanya menampilkan sepenuhnya teks dikarenakan keterbatasan media SMS itu sendiri. Bagaiaman sebuah teks sepenuhnya disusun untuk menarik mempengaruhi dan menarik minat penerimanya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berarti tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur wacana iklan provider  melalui  SMS  yang  paparan  datanya  berupa  teks.  Adapun teknik  pemerolehan  datanya adalah dengan dokumentasi, yaitu SMS yang dikiíimkan provider diterima oleh pelangan provider dan disimpan beíupa tangkapan layar dan kemudian ditulis ulang guna memudahkan proses analisis. Struktur wacana yang terkandung dalam iklan SMS provider dibagi menjadi tiga bagian: teknik persuasi (kepala wacana), pengenalan produk (tubuh wacana), pemerolehan produk (penutup wacana). Pada teknik persuasi ditemukan lima teknik persuasi diantaranya adalah teknik rasional, teknik  identifikasi,  teknik  sugesti,  teknik  kompensasi,  dan  teknik  proyeksi.  Terdapat  tujuh  diksi dominan yang ditemukan dalam peneilitian ini diantaranya diskon, sale, flashsale, cashback, selamat, special, bonus, dan promo.

 

Kata Kunci: wacana, iklan, struktur, persuasi, diksi

Published
2023-01-11
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 96