PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA ARTIKEL DI WEBSITE TRAVELXISM SEBAGAI BENTUK COPYWRITING GUNA BRANDING PARIWISATA INDONESIA

  • Sintha Nuriyah Putri Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Dianita Indrawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kegiatan branding pariwisata mengguanakan tulisan artikel yang cara penulisannya menggunakan teknik tertentu dengan gaya bahasa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini memaparkan gaya bahasa dan fungsinya yang ada di artikel pada laman Travelxism serta keterkaitannya dengan branding pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah artikel di laman Travelxism yang diperoleh secara online dari portal laman milik PT. Gemilang Media Wisatama (Travelxism). Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat yang terdapat pada artikel di laman Travelxism. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak-sadap-catat. Metode yang digunakan untuk analisis data menggunakan metode agih. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada 24 variasi gaya bahasa dalam artikel pada laman Travelxism dari 42 jenis gaya bahasa yang ada. Gaya bahasa tersebut, yaitu gaya bahasa klimaks (3) buah, antiklimaks (2) buah, paralelisme (4) buah, anastrof (2 buah), elipsis (3) buah, erotesis (6) buah, perifrasis (6) buah, paradoks (3) buah, prolepsis (4) buah, anastrof (3) buah, koreksio (2) buah, pleonasme (4) buah, polisidenton (1) buah, asidenton (1) buah, apofasis (3) buah, hiperbola (2) buah, eufemisme (1) buah, sinekdoke (4) buah, metafora (1) buah, personifikasi (3) buah, epitet (2) buah, metonimia (2) buah, antonomasia (1) buah, dan ironi (1) buah. Dalam artikel yang diteliti ditemukan 5 fungsi gaya bahasa, yaitu fungsi ekspresi, fungsi informasi, fungsi persuasi, fungsi eksplorasi, dan fungsi entertainmen. Fungsi gaya bahasa mengambil semua peran pengelolaan merek, yaitu sikap merek, kesadaran merek, reputasi merek, keterlibatan merek, integritas merek, dan dayaguna merek.

Kata Kunci: gaya bahasa, artikel, pencitraan, laman Travelxism

Published
2023-06-30
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 57