SOSIOLEK DALAM KANAL YOUTUBE “UUS KAMUKITA” EPISODE BORING BOKIR - UNPAD VS UNPAR

Authors

  • Churrotun Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Dadang Rhubido Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis-jenis sosiolek dan faktor pengaruh sosiolek yang terdapat dalam kanal YouTube “Uus Kamukita” episode Boring Bokir - Unpad Vs Unpar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sehingga data-data yang disajikan berupa deskripsi untuk mengetahui jenis-jenis sosiolek dan faktor pengaruh sosiolek. Sumber data didapatkan dari kanal YouTube “Uus Kamukita” episode Boring Bokir - Unpad Vs Unpar. Data berupa tuturan yang mengandung jenis sosiolek dan faktor sosiolek. Kemudian data tuturan ditranskripsi untuk memudahkan penelitian. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua teknik, yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan ekstralingual dengan teknik lanjutan hubung banding menyamakan (HBS). Temuan penelitian ini adalah 1) ditemukan empat jenis sosiolek, yaitu jargon, slang, vulgar, dan kolokial, dan terdapat 12 jenis jargon: jargon perkuliahan, jargon stand up comedy, jargon kreator konten, jargon pandemi COVID-19, jargon minuman keras, jargon olahraga, jargon perjudian, jargon transportasi, jargon mahluk halus, jargon komunitas pencinta alam, jargon pergaulan bebas, dan jargon budaya luar negeri. 2) ditemukan enam faktor pengaruh sosiolek, yaitu faktor jenis kelamin, faktor tingkat pendidikan, faktor tingkat ekonomi, faktor suku, faktor pekerjaan, dan faktor agama.

 

Kata Kunci: faktor pengaruh sosiolek, jenis sosiolek, sosiolinguistik, Uus Kamukita, Youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-08
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 39