PENGARUH WARNA DASAR DENIM TERHADAP HASIL JADI PEMBENTUKAN MOTIF BATIK LUKIS DENGAN TEKNIK BLEACHING PADA ROK

  • FADLILAH INDIRA SARI

Abstract

Abstrak

 

Batik lukis dapat dibuat pada kain katun, kanvas, dan denim.Dalam penelitian ini kain yang digunakan adalah kain denim.Awal mulanya kain denim dibuat dengan warna dasar biru indigo atau coklat.Namun pada perkembangannya denim dibuat dalam banyak variasi warna dan corak.Diantaranya warna dasar kain denim yang digunakan adalah merah, hijau, ungu, dan abu-abu.Warna-warna dasar denim tersebut telah dilakukan uji laboratorium yang diketahui bahwa memiliki kadungan serat katun dan polyester yang berbeda.Golongan zat warna pada warna dasar denim hijau, ungu, dan abu-abu adalah direk, sedangkan golongan zat warna pada warna dasar denim merah adalah reaktif. Pembentukan motif batik lukis pada kain denim yang sudah memiliki warna dasar diperlukan teknik bleaching agar warna dasar denim menjadi putih, sehingga dapat  memberikanwarna pada motif batik lukis. Jenis bahan bleaching yang dapat digunakan adalah Natrium hipochlorit (NaOCl).Hasil jadi diterapkan pada rok. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perngaruh warna dasar denim merah, hijau, ungu, dan abu-abu terhadap hasil jadi pembentukan motif batik lukis dengan teknik bleaching pada rok, dan untuk mengetahui hasil jadi pembentukan motif batik lukis dengan teknik bleaching yang terbaik antara warna dasar denim merah, hijau, ungu, dan abu-abu. Menggunakan metode observasi pada 30 responden dan lembar instrumen dalam bentuk skala daftar cocok (check list) yang kemudian dianalisis menggunakan anava tunggal dengan taraf nyata signifikan 5% dengan bantuan komputer program SPSS 17  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh warna dasar denim terhadap hasil jadi pembentukan motif batik lukis dengan teknik bleaching, karena hasil dari setiap aspek memiliki α < 0,05. Hasil jadi pembentukan motif batik lukis dengan teknik bleaching yang terbaik adalah rok dengan warna dasar denim abu-abu, karena warna dasar denim abu-abu menunjukkan hasil terbaik pada aspek hasil jadi bleaching pada kain dan hasil jadi motif batik pada kain. Ke dua warna dasar denim ungu, ke tiga warna dasar denim hijau, dan ke empat warna dasar denim merah.

 

Kata kunci: Batik lukis, warna dasar denim, dan bleaching.

 

Abstract

 

Painting batik can be made on cotton fabric, canvas, and denim. In this research fabric used is denim. Originally denim fabric made with base color indigo or brown. But in development denim is made in many color variations and motives. Many of them used are red, green, purple, and grey. From those colors which already tested at laboratory revealed that all of them have cotton and polyester fiber. Dyes on denim basis color green, purple, and grey is direk, but dyes on denim basis color red is reaktif. The forming of painting batik motif on denim fabric that already had base color needed bleaching technique in order to obtaining motif color of painting batik. Type of bleaching can be used is Natrium hipoclorit (NaOCl). The outcome then applied on skirt. Type of this research is experimental that aimed to know the influence of denim base color including red, green, purple, and grey toward the outcome of painting batik motif forming by bleaching technique on skirt, and to know the best outcome of painting batik motif forming by bleaching technique among red base color denim, green, purple, and grey. This research used observation method performing by 30 respondents and instrument sheet in form of check list scale then analysis using One Way Anava with significance 5% with computer’s program SPSS17. Research yield shows that there are influence of denim base color toward the outcome of painting batik motif forming by bleaching technique, because result of each aspect haveα< 0.05. The best outcome of painting batik motif forming by bleaching technique is on skirt with grey base color, because it color shows the best result on aspect of bleaching yield on fabric and batik motif yield on fabric. The second is purple denim base color, third is green denim base color, and fourth is red denim base color.

 

Keywords: Painting batik, denim base color, and bleaching.

Published
2015-05-19
How to Cite
INDIRA SARI, F. (2015). PENGARUH WARNA DASAR DENIM TERHADAP HASIL JADI PEMBENTUKAN MOTIF BATIK LUKIS DENGAN TEKNIK BLEACHING PADA ROK. Jurnal Online Tata Busana, 4(2). https://doi.org/10.26740/jotb.v4n2.p%p
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 151